• Headline News


    Wednesday, May 30, 2018

    Akibat Uap Air Laut, Mesin PLN KP Namrole Terbakar




    Namrole, Kompastimur.com 
    Terjadinya pemadamnya lampu secara bergilir di Kota Namrole dan sekitarnya belakangan ini ternyata disebabkan karena terjadinya kerusakan pada salah satu mesin milik Perusahan Listrik Negara (PLN) Kantor Pembantu Namrole, Kabupaten Buru Selatan (Bursel) karena terbakarnya  Rator Exciter pada mesin tersebut.

    Demikian dikatakan Kepala PLN Kantor Pembantu (KP) Namrole Sumardi Karim ketika dihubungi Kompastimur.com via SMS, Selasa sore(29/05).

    Sumardi katakan, kebakaran yang terjadi pada salah satu mesin ini di akibtakan karena pengaruh uap air laut yang masuk ke mesin sehingga menyebabkan salah satu elemen pada mesin tersebut rusak.

    “Satu unit mesin yang kami mengalami gangguan dengan Kapasitas 400 KW, ganguannya pada Rator Exciter akibat pengaruh dari uap air laut terlalu tinggi saat ini, sehingga menyebabkan rator Exciternya terbakar,” kata pria yang akrab di panggil Pak Mardi ini.

    Sementara itu, untuk pemberitahuan pemadaman secara bergilir, Karim mengaku bahwa pihaknya (PLN KP Namrole) telah memberitahukan kepada masyarakat Kota Namrole dan sekitarnya terkait akan dilakukannya pemadaman secara bergilir.

    “ Pemberitahuan sudah kami sampaikan lewat surat Pemadaman bergilir dengan Nomor 19/KP-NMR/V/2018 pertanggal 28 Mei kemarin. Dimana kami akan adakan pemadaman bergiliran tapi pada waktu beban puncak malam saja,” ucapnya.

    Ia mengaku, saat ini, mesin yang sedang beroperasi untuk melayani Kota Namrole dan sekitarnya, ada enam (6) unit yang sedang beroperasi, dan hal ini dilakukan ssambil menunggu teknisi yang dikirim dari PLN Ambon untuk memperbaiki mesin yang rusak tersebut.

    “Sekarang ini mesin yang beroperasi ada 6 unit dan rencana teknisi besok tiba di Namrole untuk memperbaiki mesin yang rusak itu,” ucapnya.


    Untuk diketahui, penyebab kerusakan mesin pada PLN KP Namrole ini bukanlah hal yang baru, namun kerusakan ini sudah sering terjadi pada musin hujan dengan cuaca yang extrem pada tahun-tahun sebelumnya semenjak jabatan kepala PLN KP Namrole itu dipimpin oleh Salahudin yang telah pensiun dini dari jabatannya. (KT-02)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Akibat Uap Air Laut, Mesin PLN KP Namrole Terbakar Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top