• Headline News


    Wednesday, April 4, 2018

    IWO Timika Desak Telkom Perbaiki Layanan Jaringan


    Timika, Kompastimur.com 
    Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Mimika mendesak agar Telkom secepat mungkin memperbaiki jaringan telekomunikasi kususnya jaringan internet.

    Desakan ini karena kerugian konsumen pengguna layanan provider telkomsel mengalami kerugian besar kususnya penggiat bisnis menggunakan jasa online (media sosial)

    "Karugian ini cukup besar bagi penggiat media sosial, baik itu yg berbisnis dengan cara penjualan online serta perkantoran dan lembaga yang berbasis online," kata Ketua IWO Mimika Steven Rantung, dalam keterangannya, Timika, Papua, Selasa (3/4/2018).

    Bukan itu saja, katanya, media-media siber (online) cukup dirugikan dengan gangguan tersebut karena tidak dapat mengakses ataupun mem posting berita-berita terkini terkait informasi penting yang terjadi ditengah-tengah masyarakat.

    "Kita pelaku media siber sangat dirugikan karena kita tidak dapat mengakses atau melakukan postingan berita. Padahal informasi yang didapat sangat penting bagi masyarakat," tuturnya.

    teven melanjutkan, Pemerintah saat ini gencar melakukan sosialisasi kepada lembaga- lembaga negara, baik diperintahan Provinsi maupun Kabupaten Kota agar menggunakan internet dalam bentuk laporan administrasi.

    "Seperti halnya dengan pengurusan KTP, SIM dan sistim tender projek yang berbasis online. Ini sangat berpengaruh besar. Saya harapkan Telkom sesegera mungkin memperbaiki jaringan agar tidak meresahkan masyarakat," ucap Steven.

    Perlu diketahui, gangguan layanan telkom pernah terjadi Kamis 8 Februari hingga 16 Februari 2018 yang disebabkan SMPCS (Sulawesi Maluku Papua Cable System) mengalami kerusakan sehingga telkom melakukan pemulihan sementara dengan menggunakan link satelit dengan kapasitas terbatas.

    Gangguan layanan jaringan kembali terjadi sejak 22 Maret. Adanya gangguan itu, Telkom kembali mengeluarkan rilis dan menyebutkan layanan Telekomunikasi di Timika dan Merauke telah pulih dengan mengunakan Link Satelit tampak menjelaskan dapat digunakan untuk layanan internet atau hanya untuk komunikasi.

    Sementara layanan jaringan ponsel konsumen masih pada layanan 3G dan H+ dan sesekali menghilang.

    Sebelumnya dalam keterangan pers  yang dikeluarkan Telkom pada 23 Maret 2018 perihal layanan telekomunikasi Timika, Merauke telah pulih dengan menggunakan link satelit.

    Pihak Telkom menjelaskan kejadian itu berawal bahwa pada Kamis, 22 Maret 2018 pukul 17.20 WIB telah terjadi gangguan  Sistem Komunikasi Kabel Laut SMPCS (Sulawesi Maluku Papua Cable System) pada link Kaimana - Timika yang menyebabkan terganggunya layanan telekomunikasi untuk wilayah Timika dan Merauke.

    Upaya recovery layanan dilakukan dengan mengalihkan trafik menggunakan link satelit. Namun demikian masih dimungkinkan  adanya sebagian pelanggan yang merasakan penurunan kualitas layanan akibat gangguan ini.

    “Sehubungan dengan terjadinya gangguan kabel laut di wilayah Timika dan Merauke, Telkom menyampaikan permohonan maaf, khususnya kepada pelanggan yang merasakan dampak gangguan ini,” demikian ungkap Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo.

    “Saat ini Telkom terus melakukan upaya maksimal untuk menangani dan menyelesaikan gangguan. Diperkirakan perbaikan gangguan kabel laut ini dapat diselesaikan pada pertengahan April 2018", jelas Arif Prabowo.

    Telkom senantiasa berkomitmen memberikan yang terbaik bagi pelanggan dengan selalu berupaya menjaga kualitas layanan dan memprioritaskan pemenuhan kebutuhan pelanggan serta masyarakat secara umum. (KT-Rls)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: IWO Timika Desak Telkom Perbaiki Layanan Jaringan Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top