• Headline News


    Tuesday, April 24, 2018

    AWAS Unjuk Rasa Tuntut Dadal Anggoro Dicopot



    Mamuju, Kompastimur.com 
    Sejumlah wartawan yang tergabung dalam Aliansi Wartawan Sulawesi Barat (AWAS) berunjuk rasa menuntut Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulbar Dadal Anggoro segera dicopot dari jabatanya.

    Aksi dilakukan di depan Kantor BI Perwakilan Sulawesi Barat, yang terletak di Jalan Pettarani, Mamuju, Sulbar. Selasa,(24/4).

    Aksi yang dimotori oleh Ikatan Jurnalis Sulbar ( IJS), Ikatan Wartawan Online ( IWO) Sulbar dan Jaringan Online Indonesia (Join) Sulbar itu sempat diwarnai aksi lempar telur kepapan nama kantor, sebagai bentuk kekecewaan para wartawan terhadap pernyataan Kepala BI Perwakilan Sulbar dalam ciutan di grup WhatsApp BI.

    Koordinator AWAS Ashari Rauf dalam orasinya mendesak kepada Gubernur BI agar mencopot kepala BI Perwakilan Sulbar, karena ditengarai menciderai profesi jurnalistik, serta mendesak Kapolda Sulbar untuk memeriksa dan menangkap kepala BI Sulbar sesuai dengan amanah Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dan UU nomor 40 tahun 1999 tentang pers.

    "Selama ini, wartawan di Mamuju telah memberikan kontribusi positif yang telah membantu BI dalam menyampaikan informasi kepada publik. Sayangnya, kerja kerja jurnalis tercederai atas ciutan pak Dadal Anggoro yang menganggap banyak wartawan taunya hanya copy paste," tutur Ashari.

    Sementara itu, Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulbar Muh Basri Sangkala mengatakan, pernyataan Kepala BI Sulbar dapat membangun asumsi bahwa wartawan banyak yang tidak berkompeten dalam melakukan kerja - kerja jurnalis sekaligus membuat dikotomi sesama wartawan.


    "Pernyataan itu menurut saya sangat emosional, dapat mengiring asumsi masyarakat jika wartawan itu kerjanya hanya melakukan adu domba atau selalu punya niat lain dalam membuat berita," ujar pria yang disapa Ribas saat ikut dalam aksi tersebut.   

    Ketua IJS Irham Azis juga menyesalkan ciutan pak Dadal Anggoro yang sama sekali tidak mencerninkan pribadi yang santun dan memiliki budi pekerti.

    Karena itu, ia menegaskan kasus yang telah dilaporkan ke Polda Sulbar ini akan terus dikawal hingga persoalan ini menuai titik terang.

    Usai melakukan aksi unjukrasa, para pengunjuk rasa langsung melaporkan Kepala BI ke Kantor Polda Sulbar, disana mereka diterima langsung Dirkrimsus Polda Sulbar, Kombes Wisnu Andayana bersama Kabid Humas Polda Sulbar, AKBP Hj. Masyura dan Kapolres Mamuju, AKBP, Arvan Avandi. (KT-Rls)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: AWAS Unjuk Rasa Tuntut Dadal Anggoro Dicopot Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top