• Headline News


    Tuesday, February 13, 2018

    Hujan Selama 4 Jam, Kali Transito Meluap Hingga Batas Maksimum

    Lagu Terbaik Tahun 2021



    Manokwari, Kompastimur.com
    Hujan deras mengguyur kota selama kurang lebih 4 Jam mengakibatkan genangan air di sepanjang jalan utama bahkan kali Transito mengalami peningkatan air diatas batas maksimum. 

    Puluhan rumah di sekitar Kampung Bugis dan Kampung Maduraja nampak air tergenang bahkan menerobos tembok pembatas,  ada juga kandang ternak milik warga Wosi jebol hingga beberapa ternak Babi hanyut terbawah arus banjir kali Transito.

    Yohanes Sayori warga yang tinggal didekat kali Transito mengatakan rumahnya kerap menjadi sasaran banjir ketika kali meluap,  untuk kali ini sejumlah hewan ternak miliknya hanyut terbawah air.

    " Saya punya lima ekor anak Babi hanyut terbawah Air,  bahkan banjir menerebos rumah dan juga kandang ternak saya," kata Yohanes kepada kompastimur.com, Selasa (13/2)

    Dia menuturkan bahwa karena tempatnya sering terkena luapan air kali transito saat hukan deras, Yohanes beberapa kali mengajukan proposal ke pemerintah daerah agar memperbaiki Kali dengan cara mengeruk.

    " Saya sudah beberapa kali mengajukan proposal ke Pemda Manokwari supaya kiranya ada perhatian serius terutama masalah kali transito ini tetapi hingga saat ini belum ada jawaban," Tuturnya

    Sementara itu, Frengky Naipa Mahasiswa STKIP Muhamadiyah Manokwari mengaku prihatin dengan kondisi kali transito yang meluap saat hujan mengguyur kota ini hingga rumah warga tergenang Air. 

    " Saya dan beberapa teman prihatin dengan kondisi ini,  kami lalu turut membantu mengevakuasi ternak warga," Kata Frengky

    Ditambahkannya,  Banjir ini akibat dari tumpukan sampah, warga yang tidak sadar akan lingkungan membuang sampah sembarangan di kali.

    Ibrahim salah satu warga Wosi yang tinggal di dekat kali mengaku rumahnya tergenang air hujan, air menerobos masuk kedalam rumah hingga terpaksa barang-barang elektronik di evakuasi. 

    " Air sudah masuk kedalam rumah,  terpaksa kita evakuasi barang-barang elektronik " Ujar Ibrahim. 

    Berbeda dengan Andy pedagang pasar wosi mengaku terpaksa tutup toko karena banjir meluap didalam pasar lama,  ketinggian air hingga betis orang dewasa. 

    " Kita terpaksa tutup toko karena air tergenang hingga lutut orang dewasa " Kata Andy yang seharian berjualan pakaian Orang Dewasa. 

    Pantauan kompastimur.com kali Transito meluap hingga ketinggian batas maksimal,  Air membawah sertakan material sampah bahkan batang kayu,luapan air itu menerobos hingga pemukiman warga di kampung bugis. (KT-ARA) 


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Hujan Selama 4 Jam, Kali Transito Meluap Hingga Batas Maksimum Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top