• Headline News


    Wednesday, February 28, 2018

    9 Tips Anak Sukses Ujian


    Oleh. ABU SILAWANE SE Msi
    Ketua Fraksi Gerindra DPRD Seram Bagian Barat

    Piru, KompasTimur.com
    Masalahnya ketika menghadapi ujian, anak tidak diajarkan cara menghadapi ujian, bagaimana percaya diri menghadapi ujian, bagaimana menguasai materi pelajaran dengan waktu yang terbatas, anak juga tidak diajarkan bagaimana mengatasi rasa takut saat menghadapi ujian.

    Akhirnya ketika Anak gagal saat ujian, anak dianggap bermasalah, tidak mampu, malas, bahkan bodoh. Padahal sering kali Anak hanya tidak tahu cara untuk melewati ujian dan mendapatkan nilai terbaik.

    Saya percaya, kesuksesan tidak tercapai secara kebetulan tetapi dengan persiapan yang mantap bersama strategi yang tepat.

    Agar sukses dalam menghadapi ujian, Anak harus punya persiapan yang mantap. Anak perlu siap secara mental, siap dalam menguasai pelajaran, dan siap mengerjakan soal di ruang ujian.
    Apa saja 9 Kunci Sukses yang akan Anak Anda pelajari.

    Pertama : Mindset Juara
    Hal mendasarkan yang membedakan juara dan yang tidak juara terletak pada pola pikir. Pola pikir akan mewujudkan dalam tindak. Orang bisa sukses karena tindakannya dan semua tindakan itu berasal dari pola pikir sukses. Kunci Sukses 1 yang akan Anak Anda dapatkan adalah memiliki pola pikir pelajar sukses.

    Ke Dua : Hancurkan Penghambat Diri
    80% masalah belajar disebabkan oleh emosi negatif. Anak sering merasa malas dan tidak termotivasi saat disuruh belajar. Tetapi, menjelang ujian mereka merasa takut tidak lulus, cemas, khawatir dan stress. Semua itu adalah penghambat yang harus dituntaskan. Kunci Sukses 2 yang saya bagikan adalah cara menghilangkan segala bentuk ketakutan, kecemasan, dan berbagai emosi negatifnya dalam belajar dan ujian.

    Ke Tiga :  Percaya Diri Menghadapi Ujian
    Banyak anak yang mendapat nilai jelek karena kesalahan sepele seperti tidak teliti, ragu-ragu, atau mengubah jawaban yang sebenarnya sudah tepat. Kesalahan ini timbul dari rasa kurang percaya diri. Kunci Sukses 3 yang akan Anak Anda dapatkan adalah memiliki kepercayaan diri dalam menghadapi ujian.

    Ke Empat : Disiplin dalam Belajar
    Tidak disiplin dan suka menunda-nunda dalam belajar merupakan hal yang merusak persiapan ujian. Untuk mengatasi ini, Anak harus memiliki Kunci Sukses 4 yaitu berdisplin diri dan berperang dengan penundaan.

    Ke Lima : Strategi Manajemen Waktu
    Terlalu banyak bermain dan melupakan belajar membuat anak mendapat nilai jelek. Sebaliknya terlalu banyak belajar dan tidak bermain membuat anak menjadi stres. Perlu ada keseimbangan antara belajar dan bermain dalam masa ujian. Kunci Sukses 5 yang harus dimiliki Anak adalah cara mengatur waktu belajar dengan sistem yang tepat.

    Ke Enam : Strategi Memahami Pelajaran
    Terlalu banyak materi yang dipelajari untuk ujian membuat Anak kelamaan dalam memahami pelajaran. Kunci Sukses 6, menguasai strategi menemukan poin-poin penting dalam pelajaran sehingga Anak bisa memahami pelajaran dengan mudah dalam waktu singkat.

    Ke Tujuh : Strategi Menghafal Pelajaran
    Menghafal adalah bagian dari pembelajaran di sekolah.

    Delapan : Berlatih untuk Menghadapi Ujian
    Semakin banyak berlatih Anak semakin siap menghadapi ujian.

    Sembilan :  Strategi Mengerjakan Soal

    Hal yang sering kali dilupakan oleh anak adalah cara mengerjakan soal yang tepat saat ujian.

    Kunci Sukses 9 yang akan Anak Anda miliki adalah cara mengerjakan soal ujian dengan tepat agar mendapatkan nilai maksimal. (KT-Rls)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 9 Tips Anak Sukses Ujian Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top