• Headline News


    Sunday, January 21, 2018

    Tuhuteru Lantik 7 Panitia Pengawas Pemilihan Lapangan Huamual Belakang



    Piru, KompasTimur.com
    Abdan Tuhuteru , Ketua pengawas pemilihan umum Kecamatan Huamual Barat Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Resmi melantik 7 panitia pengawas lapangan  ( PPL/ Desa ) pemilihan Gubenur , Wakil Gubenur Maluku Tahun 2018 serta Pemilu Legislatif dan Pilpres Tahun 2019 yang berlangsung diaula Kantor Kecamatan Huamual Belakang Kab SBB, Sabtu ( 20/1).

    Diketahui, pelaksanaan rekrutmen Panitia pengawas lapangan ( PPL / Desa) yang terdaftar sebanyak 13 orang, yang mengikuti tas wawancara sebanyak 11 orang, tujuh orang dinyatakan lolos sebagai calon panwas desa diantaranya Yohan P Halley ( Desa Allang Saude ), Prist B Latuhihin ( Desa Buano Selatan ), Ruslan Hitimala Spd, ( Desa Buano Utara), Emiliano Patty ( Desa Soleh), Samsudin Umasugi ( Desa Tahalupu), La Ode Asnawi ( Desa Tonu Jaya), La Surdia Tomia ( Desa Waesala).

    Ketujuh anggota Panwas Desa ini dilantik berdasarkan keputusan panitia pangawas pemilihan umum kecamatan huamual belakang Nomor 08 / Panwascam / HB / I / Tahun 2018 tanggal 20 Januari 2018 tentang penetapan anggota pengawas pemilihan lapangan pada pemilihan Gubenur dan wakil Gubenur Tahun 2018, Pemilihan Anggota DPR, DPD,dan DPRD serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

    Dalam sambutannya, Tuhuteru mengatakan Pilkada serentak 2018 dan Pileg serta Pilpres sudah semestinya dikelola dengan menejemen yang baik untuk menjamin pelaksanaan pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil serta mampu melahirkan pemimpin Maluku yang bersih, memiliki integritas, kredibilitas, yang mumpuni.

    "Saya berharap pemilu kali ini dapat kawal dengan baik sehingga bisa berjalan sesuai aturan demi terciptanya pemimpin-pemimpin ang bersih dalam membangun maluku. Oleh sebab itu, panwaslu kecamatan huamual belakang melantik panwas lapangan yang akan menjadi unjung tombak dan pelaku utama dalam mewujudkan seluruh agenda pengawasan menuju suksesnya pemilihan Gubenur dan Wakil Gubenur Maluku 2018 mendatang,” ungkap Tuhuteru.

    Tuhuteru mengingatkan Panitia Pengawasan Pemilu adalah lembaga yang tidak berpihak kepada siapa pun dan menjadi pengawas pemilu harus bisa menjaga integritas, netralitas, baik sikapp maupun tindakan.

    "Ingat, tugas dan wewenang pengawas pemilu lapangan diantaranya, Mengawasi Tahap Penyelanggaraan pemilu ditingkat desa/Kelurahan, Menerima laporan dugaan pelanggaran terhadap tahap penyelenggaraan pemilu yang dilakukan penyelenggara pemilu . Meneruskan laporan dugaan pelanggaran terhadap tahapan penyelenggaraan pemilu kepada intansi yang berwewenang. Menyampaikan temuan dan laporan kepada PPS dan KPPS untuk ditindaklajuti. Memberikan rekomendasi kepada yang berwewenang atas temuan dan laporan tentang adanya tindakan yang mengandung unsur tindak pidana sesuai dengan peraturan perundang undangan. Mengawasi pelaksanaan sosialisasi penyelenggaraan pemilu dan Melaksanakan tugas wewenang  lain yang diberikan oleh panwaslu kecamatan," tuturnya

    Menurutnya pengawas pemilu lapangan berkewajiban bersikap tidak diskriminatif dalam menjalankan tugas dan wewenangnya serta melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas panitia pengawas dilapangan, disamping itu juga diharapkan pada panwas desa dapat menerima dan menindaklanjuti laporan yang berkaitan dengan adanya dugaan pelanggaran undang undang terhadap pelaksanaan pemilu.

    "Dengan pelantikan 7 anggota panitia pengawas lapangan ( PPL / Desa) semoga dapat mengembang amanah yang sebaik-baiknya dan menghasilkan pemilihan Gubenur dan Wakil Gubenur yang sesuai harapan kita semua. Integritas dan etika harga mati agar tercipta netralitas pada penyelenggara pemilu khususnya pengawas pemilu,”ujarnya.


    Tuhuteru pun berharap seluruh anggota panwascam dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dalam pelaksanaan pemilu Gubenur dan Wakil Gubenur yang akan datang, sehingga pelaksanaan pemilihan dapat berjalan dengan baik dan bermartabat. ( KT-MFS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tuhuteru Lantik 7 Panitia Pengawas Pemilihan Lapangan Huamual Belakang Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top