• Headline News


    Monday, January 29, 2018

    Sebelum Deklarasi, Murad-Orno Jalani Prosesi Adat



    Ambon, Kompastimur.com 
    Calon Gubernur dan Wakil Gubernur pasangan Murad Ismail dan Barnabas Orno sebelum mengawali acara deklarasi politiknya, pasangan ini calon menggelar acara pelepasan secara adat di masing-masing tempat yang berbeda.

    Pasangan dengan jargon BAILEO itu menjalani prosesi adat ditempat yang terpisah. Dimana diketahui calon Gubernur Maluku, Murad menjalani prosesi adat Rumah Pusaka Hatala Negeri adat Hila Kecamatan Leihitu Maluku tengah, sementara calon wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno yang adalah Bupati Maluku Barat Daya (MBD) menjalani prosesi adat bersama tokoh adat MBD di Lakpona Amarere Ahuru, Kota Ambon.

    Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara pasangan BAILEO, Azis Tuny kepada wartawan, Sabtu (27/01/2018).


    "Murad Ismail Barnabas Orno melakukan prosesi adat masing-masing. Pak Murad dilepas secara adat di kampung halamannya di Negeri Hila, Kecamatan Leihitu, Maluku Tengah, sedangkan Pak Barnabas Orno dilepas secara adat oleh para tetua adat dan masyarakat MBD di Lakpona Amarere, Ahuru, kota Ambon," ujar Tuny.

    Dirinya menuturkan, prosesi adat ini dilakukan sebagai bentuk kecintaan mereka terhadap tradisi dan kebudayaan Maluku yang khas, juga sebagai komitmen mereka sebagai anak Maluku, apalagi ikon keduanya adalah Baileo yang merupakan salah satu simbol adat di Maluku.

    "Komitmen pasangan BAILEO ini selain ingin mengembalikan kejayaan Maluku, juga ingin membuat orang Maluku bangga akan tradisi dan budayanya sehingga warisan para leluhur ini bisa dilestarikan," ujarnya.

    Tuny katakan, kebudayaan orang Maluku juga sangat inklusif dan terbuka sehingga akulturasi nilai-nilai budaya luar juga bisa diterima sepanjang tidak bertentang dengan nilai-nilai asli kebudayaan Maluku.


    "Hal ini merupakan sesuatu yang baik dalam membangun peradaban mengingat Maluku ini adalah "rumah besar" bagi seluruh anak bangsa Indonesia yang juga datang dari berbagai suku di nusantara. BAILEO bukan saja menjadi simbol rumah adat orang Maluku, tapi sekaligus menjadi rumah besar bagi semua orang yang telah berdiam di bumi raja-raja ini," ungkapnya. (KT-SH)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sebelum Deklarasi, Murad-Orno Jalani Prosesi Adat Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top