• Headline News


    Wednesday, January 24, 2018

    Pemerintah Desa Air Kasar Gelar Bimtek Peningkatan Kinerja Perangkat Desa



    Bula- SBT, Kompastimur.com
    Guna meningkatkan kapasitas kinerja Desa yang terdiri dari  Kepala Desa, Aparatur Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Masyarakat, pemerintah Desa Negeri Air Kasar Kecamatan Tutuk Tolu Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), menggelar Pelatihan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) bertempat di Ruang Kerja Balai Desa Air Kasar  pada, Selasa (23/01).

    Kegiatan yang di hadiri 14 peserta ini menghadirkan dua Narasumber  yakni Haryadi Udins, Tenaga Ahli Penggunaan Partisipatip Kabupaten SBT, dan S. Mus Latupono, Tenaga Ahli Insfrastruktur Desa Kabupaten SBT

    Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pendamping Desa Teknik Insfraktruktur Rizal Tuahena, mewakili Kapolsek Kecamatan Tutuk Tolu F. Hurasan, dan PDP Rifai Kelkusa serta Perangkat Desa dan  masyarakat.

    Banyak hal yang di bahas dalam forum tersebut terkait peningkatan kapasitas kinerja, aparatur pemerintahan Desa, peningkatan mutu pengelolaan perekonomian desa, termasuk juga banyak disinggung tentang peranan serta tupoksi Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

    Sutomu Daeng Parany selaku Ketua pelaksana yang juga sebagai Pejabat Negeri Air Kasar dalam sambutanya mengatakan,  kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menambah wawasan dan pengetahuan baik Kepala Desa, perangkat Desa, BPD dan masyarakat, sehingga nantinya bisa disosialisasikan langsung kepada masyarakat Desa secara keseluruhan nantinya.

    “Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kinerja Kepala Desa, perangkat Desa, peran serta BPD dan Masyarakat yang ada di Desa Negeri Air Kasar Kecamatan Tutuk Tolu, dengan harapan hal tersebut nantinya bisa disosialisasikan langsung kepada masyarakat Desa Air Kasar pada khususnya,” ujar Daeng Parany.

    Sementara, menurut Haryadi Udins, selaku tenaga ahli penggunaan partisipatip ketika dijumpai media ini seusai acara tersebut mengatakan, jika kegiatan yang dilakukan oleh Kepala Desa Negeri Air Kasar beserta perangkat Desanya, ini memang penting untuk saling berbagi informasi seluas-luasnya tentang peningkatan kapasitas kinerja kepemerintahan desa.

    Karena seringkali kita mendengar bahwa pelatihan itu sifatnya hanya untuk Kepala Desa dan stafnya saja, tapi kalau untuk BPD nya itu relatif kurang diikut sertakan,sehingga dibutuhkan pula peningkatan kapasitas kinerja BPD kedepan.

    Dirinya berharap semoga saja kedepannya nanti BPD sebagai mitra pemerintahan Desa dalam kapasitas kinerjanya itu dapat terus meningkat. Segala informasi pun tidak ketinggalan dan selalu Update terhadap regulasi-regulasi peraturan kita yang banyak digulirkan oleh Pemerintah.

    Kita harus saling dukung dalam pemerintahan desa demi terwujudnya pembangunan desa yang mandiri, serta selalu tau segalah perkembangan peraturan sehingga proses untuk kemandirian desa ini bisa tercapai dalam segala bidang dan proses yang lain yang ingin dicapai bisa terwujud,” pungkasnya menutup pembicaraan.

    Senada dengan Udins. S. Mus Latupono dalam kegiatan bimtek tersebut, berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan tersebut semaksimal mungkin. Kegiatan ini dipandang sangat penting dalam memupuk kebersamaan antara kades dan BPD guna menyamakan persepsi terhadap pembangunan desa dan merupakan kegiatan yang wajib di dikuti oleh seluru struktur perangkat desa.

    Latupono juga menilai bimtek sangat bermanfaat meningkatkan kapasitas penyelenggaraan pemerintahan desa dalam rangka pelayanan masyarakat yang lebih baik.


    “Hal utama yang menjadi pertimbangan adalah karena pembiayaan-pembiayaan bimtek dari uang rakyat maka manfaatkan kegiatan ini secara sungguh-sungguh,” sarannya. (KT-BA)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemerintah Desa Air Kasar Gelar Bimtek Peningkatan Kinerja Perangkat Desa Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top