• Headline News





    Thursday, January 25, 2018

    Buronan Korupsi Pembangunan Kantor Koni Ditangkap di Polma-Sulbar


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Manokwari, Kompastimur.com 
    Kejaksaan Negeri Manokwari mengejar akhirnya menangkap Albert Rombe terpidana korupsi pembangunan kantor Koni Papua Barat di Kabupaten Poliwali Mandar Sulawesi Barat Selasa (23/1), saat itu rombe diburuh saat kejaksaan mendapat kabar dia berada Kabupaten Polma.

    Setelah divonis oleh Pengadilan Negeri Bahwa Albert Rombe terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi proyek pembangunan Gedung Kantor Koni Papua Barat, kala  dia menjabat Ketua Harian, Albert kemudian di eksekusi untuk menjalankan masa tahanan,  disela-sela itu Dia kemudian mengajukan kasasi ke Mahkama Agung. 

    Menanti putusan Kasasi dari Mahkama Agung,  Rombe kemudian kabur dari Manokwari. Selang beberapa hari MA kemudian mengeluarkan putusan yang menolak kasasi sang terpidana Korupsi Rp 26,7 Milyar dari total anggaran pembangunan sekitar Rp 43 Milyar yang dihibahkan dari Pemerintah Provinsi Papua Barat. 

    "Putusan Mahkama Agung nomor : 1025 K/pid.sus/2017 tanggal 12 Juli 2017 melanggar pasal 2 ayat 1 jo pasal 18 ayat 1 huruf b, ayat 2 dan ayat 3 UU Tipikor dan pasal 3 UU No.8 tahun 2010 tentang pencegahan dan pemberatasan TPPU dengan amar putusan 12 tahun penjara denda 300 juta subs 6 bulan kurungan serta membayar uang pengganti Rp. 25.966.924.880 subsider 7 tahun penjara" Kata Kasi Pidsus Muslim SH. 

    Pada Senin (22/1) Kejaksaan Negeri Manokwari mendapat informasi keberadaan sang Koruptor, dia diketahui berada di Kabupaten Poliwali Mandar Sulawesi Barat,  Tim gabungan kejaksaan dan Kepolisian kemudian menyiapkan segala administrasi untuk dilakukan eksekusi

    " Saya pimpin tim yang terdiri dari Kasi intel Abdi Fachlewi Junus dan Anggota Polda Papua Barat Brigadir Hasiholan bertolak dari Manokwari dengan menggunakan maskapai penerbangan Sriwijaya ke Makassar,  tiba di bandara Hasanudin kita langsung bergerak ke kabupaten Poliwali Mandar." Kata Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Manokwari Muslimin SH. 

    Lanjut Muslim,  Tim langsung menuju Kejaksaan dan Polres Poliwali Mandar guna Kordinasi dan pengamanan, pencarian dilakukan dibeberapa  tempat yang anggap Buronan berada, sekitar pukul 23.00 waktu setempat tim mendapat kabar Rombe berada di salah satu cafe.

    " Kami mendapatkan informasi bahwa mobil terdakwa berada di lokasi kaki lima pinggir pantai selanjutnya tim kejari polman bersama kanit Tipikor dan beberapa anggota resmob Polres Polewali Mandar mendatangi tempat tersebut dan mendapati terpidana sedang duduk di pinggir pantai di apit dua wanita bohai ," Ujarnya

    Lanjutnya, Tim lalu mengamankan Albert Rombe kemudian dibawah ke Polres Pokiwale Mandar untuk di interogasi selanjutnya bersama Terdakwa tim bergerak kembali ke Makassar untuk persiapan ke Manokwari yang rencana tiba Kamis (25/1) hari ini. 

    Sementara rumor yang berkembang di Manokwari bahwa Albert Rombe diduga melakukan Operasi Plastik untuk mengelabui pencarian hal ini dibantah oleh Kasi Pidsus,  dia mengatakan kabar operasi plastik tidak benar

    " Hahaha tidak lah kawan, tidak ada operasi plastik " Kata Muslim sembari tertawa menjawab pertanyaan Wartawan. 

    Muslim menyebut Terpidana Korupsi itu akan tiba Manokwari pada Kamis (25/1) Pagi hari ini,  dengan penerbangan jam 06.00 Wit bersama dengan tim kejaksaan.

    Kasi Pidsus enggan berkomentar terkait anggaran yang dikucurkan kejaksaan untuk memburu Albert Rombe,  saat ditanya ia menyebut belum mengetahui soal berapa anggaran yang digunakan untuk pencarian. 

    Sejak Putusan MA atas Kasasi Terdakwa,  Albert Rombe kabur dan oleh kejaksaan mengeluarkan Daftar Pencarian Orang (DPO)  mantan Ketua Harian Koni itu kabur dari Manokwari selama 9 Tahun hingga akhirnya dia dibekukan.


    Penangkapan ini sekaligus menjawab pertanyaan Publik terhadap kinerja Kejaksaan Negeri Manokwari yang dinilai sebagai macan ompong dalam penegakan Hukum saat menangani buronan kasus korupsi bernilai Milyaran Rupiah itu. Kini Publik menanti nyanyian merdu dari Albert Rombe terkait siapa saja yang terlibat dalam kasus tersebut. (KT-ARA)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Buronan Korupsi Pembangunan Kantor Koni Ditangkap di Polma-Sulbar Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top