• Headline News


    Monday, January 29, 2018

    Bawaslu Maluku Harus Serius Saat Verfak Tahap II Dukungan Calon Gubernur

    KorProv JPPR Maluku, Lutfi Abdullah Wael
    Ambon, Kompastimur.com
    Jaringan Pendidikan Pemilih Rakyat (JPPR), menegaskan Bawaslu Maluku harus mamaksimalkan kerja-kerja penindakan terhadap temuan Verifikasi Faktual (Verfak) tahap II Syarat Dukungan Calon Independen Pilkada Maluku 2018.

    "Ketidak seriusan Bawaslu dan jajaranya dalam melakukan penindakan terhadap temuan pada saat tahapan Verfak bisa menimbulkan tafsiran justifikasi publik ke KPU, dan jajarannya yang telah melaksanakan tahapan Verfak sesuai mekanisme dan ketentuan yang di atur oleh regulasi," kata Lutfi Abdullah Wael, KorProv JPPR Maluku kepada Kompastimur.com, Senin (29/01).

    Justifikasi bublik akhir-akhir ini kepada KPU dan jajaranNya, yang cenderung biasa karena justru bukan pada persoalan teknis penyelanggaraan, namun lebih pada proses pengawasan dan penegakan pelangaran Pilkada sehingga Bawaslu dan jajarannya semestinya memaksimalkan melaksanakan fungsi tugas dan wewenang dalam melakukan pengawasan dan menindak lanjuti  "Laporan" dan "Temuan" pada tahapan Verfak tersebut.

    Berdasarkan pemantauan JPPR Maluku, lanjutnya, pada tahap Verfak Syarat Dukungan Calon Gubernur Jalur Independen tahap pertama, Bawaslu dan JAJARANNYA belum maksimal  melaksanakan wewenang khusus pada "Temuan" manipulasi "Syarat Dukungan" yang menimbulkan protes maupun komplain dari masyarakat karena pencatutan nama dan KTP mereka pada dukungan calon independen. Padahal tahap Verfak tersebut Bawaslu dan jajarannya ikut melaksanakan pengawasan melekat pada tahap Verfak tersebut.

    Wael berharap menghadapi Verfak tahap II yang akan dimulai dari tanggal 30 Januari sampai dengan 5 Februari 2018, Bawaslu Maluku dan jajarannya harus pro aktif dan masifkan proses pengawasan dan menindak lanjuti "Temuan” pada Verfak tahap II dan jajaran hanya menunggu "Laporan", sebab secara sosiologis masyarakat Maluku agak sulit untuk melaporkan dugaan manipulasi syarat dukungan, karena sebagai kendala baik geografis, sosiologis, cutral dan literasi akan haknya. (MG/KT)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bawaslu Maluku Harus Serius Saat Verfak Tahap II Dukungan Calon Gubernur Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top