• Headline News





    Saturday, November 4, 2017

    Tampung 8 Orang Terlantar, Dinsos Kepulauan Aru Akan Bangun MERPATI


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Kepulauan Aru, Kompastimur.com
    Dinas sosial Kabupaten Kepulauan Aru pada bulan Oktober Tahun 2017 lalu sampai saat ini sedang menangani 8 orang terlantar dimana 6 orang berasal dari Jawa tengah dan 2 orang berasal dari Jawa Barat.

    Kepala Dinas Sosial Kepulauan, Aru Nomay kepada Kompastimur.com Jumat (3/11) menjelaskan, sebelum 8 org terlantar ini melaporkan diri ke pihak Dinas Sosial mereka tinggal berpindah-pindah tempat.

    “Awalnya mereka tinggal di emperan pasar Jargaria, setelah itu mereka pindah di tribun lapangan Yos Sudarso, selanjutnya merela pindah dan menginap di Mesjid depan Bandara,” kata Nomay.

    Nomay menceritakan, ke 8 orang terlantar ini kemudian datang ke dinas sosial meminta pertolongan, dan setelah di cek kebenarannya apakah mereka ini masuk kategori orang terlantar ternyata benar mereka termasuk terlantar.
    " Waktu datang di kantor kami mereka sudab berbauh, pakaian tidak di ganti, sudah 3 hari mereka tidak makan lalu saya kemudian membeli 8 bungkus nasi lalu mereka makan di ruangan saya" cerita Nomay.

    Kadis enerjik ini menambahkan, setalah bercerita degan mereka apa yang menyebabkan sampai terlantar, ternyata mereka ini adalah orang-orang yang di pekerjakan di kapal lalu di terlantarkan.

    Selain tidak makan mereka juga tidak memiliki uang, dan pakaian. sehingga Dinsos memberi pakaian, selimut, perlengkapan mandi, handuk, juga tikar untuk mereka tidur di Mesjid.
    Perlu di ketahui juga bahwa 2 orang terlantar asal Jawa Barat sudah satu bulan di kota dobo. Dinas Sosial kemudian melakukan  kerja sama dengan Kantor Sahbandar Dobo dan memulangkan ke dua org itu dengan konpensasi harga transportasi kapal sehingga ke 2 orang terlantar itu sudah pulang.

    Sementar 6 orang dari Jawa Tengah baru seminggu terlantar. Kadis Sosial dan staf pegawai sosial saat ini terus memberikan bantua pelayanan makanan, dan pakaian. Saat ini ke 6 org terlantar sudah di tempatkan di rumah pribadi Kadis Sosial sambil koordinasi dengan kepolisian dan sahbandar untuk memulangkan mereka.

    Selain Dinsos saat ini juga dari Polres dan Sahbandar Dobo juga telah lama menampung orang terlantar di kota Dobo. Untuk itu dinas sosial lewat Lukman Nomay selaku kepala dinas bersama-sama degan Bupati dr. johan Gonga sedang membentuk payung hukum penanganan orang terlantar serperti, Peraturan Bupati dan saat ini Dinsos telah membuat naskahnya dan akan di tandatangani oleh Bupati.

    Terkait anggaran yg tidak ada, akan di bentuk tim penanggulangan dan pemulangan orang terlantar dengan menggunakan payung hukumya yang ada di Perbub ataupun Perda.

    saat ini juga lewat dinas Sosial yang dipimpin Lukman Nomay, akan di buat Rumah Singgah dan akan diberi nama Rumah MERPATI.

    Pembangunan ini sudah menjadi Planing kadis saat mengikuti PIN 2 dalam proyek perubahan degan judul MERPATI yang artinya, Membangun Rumah Peduli Hati Anak Rantau (MERPATI).

    Ini menjadi harapan kami, dan kami berharap dapat di suport oleh Pemda Aru terkait anggaran pembangunan tempat penampungan sementara. Rumah Merpati adalah rumah yang akan di bangun pada Tahun 2018 untuk menampung orang terlantar dan juga digunakan sebagai tempat rehabilitasi orang Cacat, Jompo dan lainnya yang membutuhkan tindakan rehabilitasi sosial. (KT-Dedi)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tampung 8 Orang Terlantar, Dinsos Kepulauan Aru Akan Bangun MERPATI Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    loading...
    Scroll to Top