• Headline News


    Friday, November 17, 2017

    Gerakan Aksi Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Tana Toraja

    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Tana Totaja, Kompastimur.com
    Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona yang digaungkan di Objek Wisata Lemo, Kabupaten Tana Toraja yang diprakarsai oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk melaksanakan berbagai program untuk membangun masyarakat  dan ingin menyambut Wisatawan sebaik mungkin.

    Acara ini dihadiri  oleh Ibu Arum D. dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia didampingi oleh Putri Pariwisata Indonesia (Miss Tourism) Dikba Faradiba, Agus Puwanto dari Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Bupati Tana Toraja Nico Biringkanae, Kepala Dinas pariwisata  Jidon Sitohang, Kepala Dinas Kebudayaan Sulaiman Malia, ikut hadir pula beberapa OPD, Camat, Lurah, Kelompok Masyarakat, Akademisi,Pelaku Usaha   Masyarakat, Rohaniawan, Kelompok Sadar Wisata, serta tamu undangan lainnya.

    Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona ini dibuka oleh Bupati Tana Toraja Nico Biringkanae didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata  Jidon Sitohang, bersama Kabid Promosi Pariwisata Rospita Napa, Kamis (16/11/17)

    Bupati Tana Toraja Nico Biringkanae  dalam sambutannya menyampaikan terima kasih banyak kepada pihak Kementerian Pariwisata yang telah memprakarsai acara itu. Nico mengajak semua lapisan masyarakat untuk melakukan gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona di tempatnya masingmasing. Tokoh agama mengimplementasikannya di tempat ibadah, tokoh adat mengimplementasikannya dalam setiap kegiata adat istiadat, anak sekolah ataupun pendidik di sekolah dan kepada semua unsur lapisan masyarkat. 

    “Saya menghimbau kepada kita semua, agar dalam kesempatan ini mari kita bersama-sama melakukan gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona secara nyata di tempat ini, dan nantinya kalau kita pulang masing-masing diterapkan dimana bapak/ibu berada. Mulai dari aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan,” ujarnya.

    Kementerian Pariwisata Republik Indonesia diwakli oleh Arum D  menyampaikan sosialisasi sadar wisata dan aksi sapta pesona di Objek Wisata Lemo. Dalam kegiatan sosialisasi ini fokus kepeda pengelolaan sampah dan pengelolaan toilet di setiap lokasi Objek Wisata, serta gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona.

    “Intinya kita mencoba memberikan pemahaman kepada masyarakat dan pelaku pariwisata agar menjadi tuan rumah yang baik dalam pengembangan pariwisata. Terciptanya unsur sapta pesona harus menjadi keseharian masyarakat. Mulai dari aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan,”  terangnya.

    Dalam sosialisasi tersebut pihaknya juga memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa dalam pengembangan pariwisata harus bersih dari berbagai hal yang merugikan publik.Pasalnya tidak jarang dalam pengembangan pariwisata banyak perilaku yang menyimpang tersebut. Karena itu pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat mengubah paradigma masyarakat dalam pengembangan pariwisata.

    “Kita mengharapkan hal tersebut karena antusias masyarakat Tana Toraja sangat tinggi dan dapat menjadi gambaran bahwa niat masyarakat untuk menjadi tuan rumah yang baik sangat tinggi,” paparnya.

    Pada kesempatan yang sama  Kabid Promosi Pariwisata yang juga Ketua TP. PKK Tana Toraja Rospita Napa diminta komentarnya setelah usai acara, beliau menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Pariwisata yang memberikan perhatian kepada kepariwisataan di Kabupaten Tana Toraja terutama kepada ibu Arum D dan rombongan yang turun langsung melihat keindahan alam dan keunikan Objek Wisata di Tana Toraja dan berperan aktif melakukan gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona itu.

    "Kita juga punya budaya Timur yang etika dan sopan santunnya tinggi. Gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona ini mengingatkan kita akan pentingnya menjadi tuan rumah yang baik sehingga wisatawan akan merasa puas dan memberikan kesan baik, sehingga wisatawan mau kembali dan pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat di sekitar destinasi," kata Rospia Napa saat ditemui dalam kegiatan itu.

    Dalam kegiatan Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona yang dilakssanakan di Objek Wisata Lemo,  Kepala Dinas pariwisata  Tana Toraja Jidon Sitohang, menyerahkan sapu lidi dan tong sampah secara simbolis kepada masyarakat sekitar sebagai tanda kegiatan sadar wisata dan sapta pesona dimulai. Setelah acara penyerahan tersebut Kepala Dinas pariwisata besrsama masyarakat sekitar dan tamu undangan yang hadir melaksanakan kegiatan sapta pesona dengan membersihkan sampah yang ada di sekitaran di Objek Wisata Lemo.(KT-MZT)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gerakan Aksi Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Tana Toraja Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top