• Headline News



    Wednesday, October 18, 2017

    Mayor : Komnas HAM Perlu Hadir di Papua Barat

    Manokwari, Kompastimur.com
    Tanah Papua menyimpan banyak sekali Misteri kekerasan masa lalu dan kekayaan alam yang melimpah sehingga Pemerintah Pusat kemudian memberlakukan Otonomi Khusus (Otsus) sesuai UU Nomor 21 Tahun 2001.

    Otsus yang hadir bukan memberikan solusi malahan membuat kebingungan di kalangan Orang Asli Papua (OAP), ketimpangan sosial kemiskinan dan tak kalah menarik kekerasan masih saja ditemukan disudut-sudut kota,  di lembah, pegunungan dan pantai.

    " Banyak Hak-Hak Asasi di Provinsi Papua Barat yang masih terabaikan dan ditelantarkan " Kata Ketua Dewan Adat Papua Wilayah Raja Ampat Mananwir Paul Finsen Mayor dalam rilis yang diterima media ini. 

    Selaku Pimpinan Adat Papua mendesak pemerintah daerah dan Pemerintah Pusat agar segera membentuk Komisi Nasional Hak Asasi Manusia  (Komnas HAM) di Provinsi Papua Barat dengan tujuan agar  Hak asasi manusia Papua di Provinsi Papua Barat benar-benar di perhatikan dan dijawab oleh pemerintah pusat maupun daerah.

    Perlu diketahui bahwa OTSUS Papua menjamin hak-hak dasarnya orang asli Papua maka wajib hukumnya Pemerintah Daerah Dan Pusat segera menjalankan perintah undang-undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Papua. 

    Penduduk Provinsi Papua Barat juga orang asli Papua sementara perwakilan Komnas HAM hanya ada perwakilan di Provinsi  Papua lantas bagaimana dengan Papua Barat yang sudah terpisah secara administratif di bagi dalam dua wilayah?

    " Mananwir mendesak pemerintah untuk segera bentuk Komnas HAM alasanya masih ada Hak hidup, hak merasa nyaman, hak mendapatkan pekerjaan yang layak, hak tanah adat, hak cipta dan hak asasi manusia yang lainnya yang wajib hukumnya untuk dilindungi maka kami minta segera bentuk Komnas HAM di Provinsi Papua Barat " tegas Paul Finsen Mayor

    Dia juga berharap semua elemen masyarakat hukum adat Papua untuk mendukung berdirinya Komnas HAM di Provinsi Papua Barat. (KT-ARA) 

    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mayor : Komnas HAM Perlu Hadir di Papua Barat Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top