• Headline News

    Wednesday, October 4, 2017

    Keunikan Pemandangan Alam Dari Pa’ Baladoan, Akan Membuat Wisatawan Terhipnotis


    Lagu Terbaik Tahun 2021
    Tana Toraja, Kompastimur.com
    Indonesia memiliki banyak sekali objek wisata yang menjadi daya tarik dunia, salah satunanya  objek wisata di Tana Toraja yang kini masih ditinggali oleh suku asli Toraja dan tetap mempertahankan ciri khas aslinya.

    Obyek wisata Tana Toraja merupakan perpaduan antara wisata budaya, alam dan sejarah.  Di Tana Toraja ada ritual adat untuk menghormati orang yang meninggal dunia dengan menggelar sebuah ritual adat dan menyembelih puluhan ekor kerbau dan babi.

    Upacara ini dekenal dengan upacara ritual adat Rambu Solo’ (kematian) yang biasanya digelar selama 3 hari, bahkan sampai 1 minggu lebih tergantung dari banyaknya kerbau disembeli dan status sosial dalam tradisi masyarakat Toraja.

    Apabila anda berkunjung ke Tana Toraja pada bulan Juni, Juli, atau Desember, anda akan dapat menyaksikan para penjagal melakukan penyembelihan puluhan babi dan kerbau secara kolosal.

    Selain itu, anda juga dapat melihat bagaimana keunikan serta sakralnya budaya atau adat istiadat dari Tana Toraja.

    Kerbau dan babi sendiri merupakan hewan yang dijadikan kurban untuk ritual adat Rambu Solo’ (kematian) di tempat ini.

    Menurut keyakinan leluhur dari masyarakat Toraja hewan – hewan tersebut merupakan sarana transportasi bagi para arwah manusia yang meninggal dunia menuju puya.

    Apabila anda berkunjung ke Tana Toraja, kemudian melanjutkan perjalanan ke Belau, Masanda wilayah bagian Barat Toraja yang berbatasan dengan Mamasa Sulbar, maka anda akan menemukan beberapa tempat pemandangan alam yang indah. Tidak hanya itu, kunjungan anda dapat dilanjutkan ke objek wisata Pa’Baladoan. 

    Masyarakat adat Belau, Masanda Tana Toraja sendiri banyak menggelar upacara (ritual) adat yang didalamnya menyuguhkan berbagai seni serta atraksi yang sangat menarik, dan bagi anda pencinta seni pastinya tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut.
    Selain itu, disana juga terdapat rumah adat yang sangat unik yang hanya ada di Toraja. Memang bagi anda yang baru mengunjungi Tana Toraja kesan mistis sangat terasa, tetapi dibalik itu semua pemandangan alam yang ada di Tana Toraja akan membuat anda terhipnotis dan ingin berlama-lama menikmatinya.

    Menurut cerita legenda yang menyebar di masyarakat suku Toraja, leluhur dari suku Toraja sendiri berasal dari manusia yang turun dari nirwana dengan menggunakan tangga dari langit menuju bumi. oleh karena itu mereka percaya bahwa tangga tersebut bisa berfungsi untuk media pendekatan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa (Puang Matua). (KT-MZT)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Keunikan Pemandangan Alam Dari Pa’ Baladoan, Akan Membuat Wisatawan Terhipnotis Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top