• Headline News

    Monday, September 4, 2017

    Provinsi Jabar Jadi Sasaran Study Banding Komisi B


    Lagu Terbaik Tahun 2021
    Sekretaris Komisi B DPRD Maluku Ikram Umasugi
    Ambon, Kompastimur.com
    Komisi B DPRD Maluku sementara melaksanakan study banding Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pengelolaan Sistem Penyuluhan Pertanian. Lokasi studi banding yang menjadi sasaran komisi itu yakni Kota Bandung Provinsi Jawa Barat (Jabar).

    Sekretaris Komisi B DPRD Maluku Ikram Umasugi kepada media ini mengatakan, pembangunan pertanian adalah proses untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat terutama petani. Bukan hanya itu, dalam perkembangannya pembangunan pertanian merupakan bagian terpenting dari pembangunan nasional maupun daerah.

    Katanya, dalam perkembangan itu, maka diperlukan sumberdaya manusia yang handal dan berkualitas dalam pengelolaan pembangunan pertanian, sehingga dapat berkembang dengan baik dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

    Selain itu, dalam upaya meningkatkan kualitas dan keberhasilan dunia pertanian di daerah ini, maka diperlukan tenaga penyuluhan pertanian yang memiliki pengetahuan, ketrampilan, motivasi dan sikap. Sehingga penyuluh pertanian dapat melaksanakan tupoksinya dengan baik.

    Disamping itu, katanya, petani dalam melakukan berbagai praktek yang mendukung usaha tani perlu mendapatkan inovasi dan pengetahuan lebih dibidangnya melalui Pertanian Penyuluh Lapang (PPL) dan  Penyelengara Kegiatan Penyuluhan Pertanian.

    Politisi asal PKB itu menambahkan, di Maluku belum ada tata aturan yang mengatur sistem penyuluhan pertanian. Untuk itu, DPRD Cq Komisi B memandang perlu adanya sebuah peraturan sebagai bahan regulasi yang mengatur tentang penyuluhan pertanian di Maluku.


    "Regulasi ini sangat dibutuhkan untuk membina para penyuluh pertanian Maluku sehingga lebih terarah dan trampil kedepannya," tandasnya. (KT-HT)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Provinsi Jabar Jadi Sasaran Study Banding Komisi B Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top