• Headline News


    Thursday, September 28, 2017

    Jokowi Akan Hadiri Acara Puncak Festival Pesona Meti Kei

    Malra, Kompastimur.com
    Presiden RI Joko Widodo akan kembali berkunjung ke Maluku. Rencananya, kedatangan mantan Gubernur DKI Jakarta itu kali ini, untuk menghadiri acara puncak Festival Pesona Meti Kei (FPMK) Jilid II di Pantai Ngurbloat, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), 22 Oktober mendatang.

    “Sudah pasti pak presiden hadir, kemarin hari minggu saya ke Jakarta rencananya hari senin presentasi di kepresidenan. Tapi kemudian ada penundaan. Pagi harinya pak gubernur sampaikan kepada pak bupati terjadi penundaan. Sehingga saya kembali sementara pak bupati masih tetap di Jakarta dengan materi-materi FPMK untuk mengikuti rapat,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Maluku Tenggara, Roy Rahayaan kepada media ini kemarin.

    Menurutnya, berbagai sarana dan prasarana untuk suksesnya event promosi pariwisata di kabupaten dengan julukan larvul ngabal itu, termasuk tempat nginap presiden sementara disiapkan.
    Rencananya Presiden akan nginap di Quest House milik Pemerintah Kabupaten Tenggara di Ohoililir.

    “Kita rencanakan kalau pak presiden tiba tanggal 21 Oktober maka kita nginapkan beliau di Quest House pemda di Ohoililir,” terangnya.

    Menurutnya, lokasi Ohoililir dipilih agar saat final  perahu belang yang mengambil start dari pasir panjang dan finisnya di ohoililir presiden dapat menyaksikan langsung perlombaan tersebut.

    Lomba perahu belang melibatkan 22 rascap atau gabungan beberapa desa ohoi baik yang ada di kepulauan kei termasuk dan Kota Tual.

    “Saat final lomba Dayung Belang yang mengambil start dari pasir panjang dan finisnya di ohoililir. Kita akan buat satu tenda disitu sehingga pak presiden bias duduk santai di pantai sambil menontong lomba tersebut,” terangnya.

    Selama berada di Kabupaten Maluku Tenggara sambung rahayaan, Presiden juga akan meresmikan Rumah Adat Rashchtaap Ohoilim Tahit di Ohio (Desa) Faan sekaligus pencanangan ohoi Tanimbar Kei sebagai ohoi pancasila.

    “Jadi Ohio Tanimbar Kei  merupakan salah satu desa tradisional dan paling lengkap dengan lima agama besar. Masyarakat Ohio Tanimbar Kei hidup rukun dan sama, bahkan saat konflik social di Maluku beberapa tahun silam tidak terprovokasi. Atas dasar pertimbangan itu sehingga Ohoi Tanimbar Kei nantinya dinobatkan sebagai Ohoi Pancasila,” jelasnya.

    Bukan hanya itu, Presiden Jokowi nantinya mendapat gelar penghormatan dari masyarakat setempat sebagai Dir U Hamwang atau jabatan pimpinan tertinggi oleh 22 raja di Kei.

    Ia mengungkapkan FPMK Jilid II dimulai 5-22 Oktober mendatang, yang diawali dengan Bali-Kei Archipelago Festival.

    “Untuk Bali Kei-Archipelago festival pembukaannya di Bali dan acara selanjutnya di Kei dari tanggal 6-8 Oktober. Setelah itu Tanggal 9 Oktober karnaval budaya. Kegiatan ini akan diikuti sejumlah kabutan/kota di Maluku. Kabupaten yang sudah pasti ikut karnaval ini yakni Kabupaten Maluku Tengah dan Kepulauan Aru,” bebernya.

    Rahayaan menambahkan FPMK tak hanya dihadiri peserta dari dalam negeri, namun juga luar negeri.

    “Kita sangat yakin untuk FPMK kali ini pesertanya juga ada dari luar negeri,” tukasnya.

    Ia berharap seluruh masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara dapat mensukseskan kegiatan yang dihelat setiap satu tahun tersebut.

    “Antusias masyarakat terhadap penyelenggaraan kegiatan ini sangat besar. Ini terlihat dari penyelenggaraan rapat yang kita laksanakan dengan tokoh-tokoh adat maupun masyarakat.

    Sekedar diketahui FPMK jilid II akan menyuguhkan berbagai rangkaian kegiatan.

    Diantaranya festival hiburan rakyat, pameran foto, festival tangkap ikan tradisional, tour pulau-pulau, diving dan snorkeling. Ada juga lomba lari 10 KM, gerakan konsumsi pangan local, tarian tradional srayaat, demo terjun paying oleh TNI AU serta lomba kreasi menu embal. (KT-45)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jokowi Akan Hadiri Acara Puncak Festival Pesona Meti Kei Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top