• Headline News


    Friday, September 29, 2017

    Dinas Kearsipan SBT Lakukan Sosialisasi AMD

    Bula, Kompastimur.com
    Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, mengadakan Soaialisasi Arsip Masuk Desa (AMD), yang berlangsung di aula Kantor Kemenang Kabupaten SBT, Kamis (28/09).

    Kegiatan sosialisasi arsip masuk desa ini diikuti oleh perwakilan dari setiap kecamatan yang ada di Kabupaten SBT, ini tentunya memberikan pelayanan terbaik di setiap desa dalam pengelolaan arsip di desa masing - masing.

    Hadi Rumbalifar  yang hadir sebagai narasumber sekaligus mewakili Kepala Dinas membuka secara resmi kegiatan sosialisasi tersebut. Dalam sambutannya, Rumbalifar menegaskan beberapa hal mengenai pentingnya pengelolaan arsip yang benar.

    "Arsip merupakan tulang punggung jalannya pemerintahan,” ujarnya dihadapan peserta sosialisasi.

    Rumbalifar mengingatkan sosialisasi kegiatan ini sangat penting, contohnya pertanggung jawaban keuangan desa dan terutama kepada Bendahara Desa dalam melaksanakan tugas atau pengelolaan. Anggaran Dana Desa (ADD), terangnya, harus ada arsip yang dimiliki aparatur desa. Arsip adalah bukti autentik pengelolaan dan pertanggung jawaban keuangan desa.

    "Selain itu pengelolaan keuangan, desa harus memiliki arsip tentang batas desa, atau dokumentasi dalam bentuk foto kegiatan desa, itu semua merupakan arsip penting yang harus dimiliki,” ingatnya.

    Karenanya, Rumbalifar meminta agar sosialisasi tersebut dimanfaatkan peserta dengan sebenar-benarnya. Dan menjadikan kegiatan itu sebagai momentum membenahi dan menata kembali sistem arsip dokumen penting.

    "Pada saat organisasi melakukan aktifitas yang semakin meningkat dan komplek, maka proses penciptaan arsip frekuensinya pun semakin meningkat dan komplek pula, sehingga penambahan arsip dalam jumlah besar pada unit kerja atau lembaga pemerintah baik yang di lembaga kearsipan kabupaten maupun kecamatan dan desa,” tuturnya.

    Penambahan volume arsip dijelaskanya akan menimbulkan berbagai permasalahan bagi unit kerja. Oleh karena itu, guna menanganinya tentunya dengan menciptakan sistem pengelolaan arsip dan meningkatkan SDM kearsipan, pengadaan sarana prasarana serta aturan.

    "Arsip yang telah ada baik di unit kerja atau kantor kearsipan dan perpustakaan daerah dapat dirawat," pungkasnya.

    Di penghujung acara Sosialisasi AMD tersebut, Rumbalifar mengharapkan dengan adanya kegiatan Sosialisasi Kearsipan yang telah dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, akan menambah pengetahuan bagi para Sekertaris Desa sebagai motor penggerak di Desa.

    "Jadi, apa yang kita dengar dan terima dalam sosialisasi ini dapat bermanfaat pada tempat dimana kita bertugas tentang kearsipa," harapnya.

    Senada dengan Rumbalifar, Kabid Kearsipan Kabupaten SBT Eti Tuankotta, mengatakan sosialisasi ini sangatlah penting tentang kearsipan yang ada di Desa/Kelurahan, arsip merupakan salinan atau alat bukti yang sewaktu waktu dapat digunakan untuk mengungkapkan suatu kebenaran yang dapat diperkuat.

    "Harapan saya, para peserta perwakilan desa di beberapa kecamatan yang mengikuti Sosialisasi ini, dapat mengikuti sebaik-baiknya sehingga dapat memahami dan faham tentang kearsipan yang ada di Desa/Kelurahan masing-masing,” ucapnya.

    Maksud dari kegiatan itu, jelasnya, agar aparatur desa memahami arti pentingnya arsip atau dokumen bagi pemerintah daerah dan menyiapkan penyerahan arsip statis dari instansi pemerintah kepada kantor arsip dan perpustakaan daerah.

    "Tujuannya, kita berharap ini memberikan pemahaman konseptual maupun praktis mengenai program kearsipan,” jelasnya.

    Tuankotta juga menambahkan, Program Arsip Masuk Desa seperti disebutkan dalam Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004, dalam pemerintahan daerah dibentuk pemerintahan desa. Pemerintah Desa merupakan lembaga pemerintahan yang berada di tingkatan paling bawah dalam struktur pemerintahan di Indonesia.


    "Jadi UU Nomor 32 Tahun 2004 ini berinteraksi langsung dan melayani kebutuhan dasar masyarakat paling bawah yang berada di wilayah pedesaan," tutupnya. (KT-BA)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dinas Kearsipan SBT Lakukan Sosialisasi AMD Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top