• Headline News


    Thursday, September 7, 2017

    Badan Pertanahan SBT Siap Terjun Ke Desa Untuk Program PTSL

    Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten SBT Nurdin Karepesina


    Bula, Kompastimur.com
    Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dalam minggu ini akan turun langsung ke Kecamatan dan Desa terkait dengan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2017.

    Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten SBT Nurdin Karepesina kapada Media ini, di ruang kerjanya, Selasa (5/9).

    Karepesina mengatakan, untuk memenuhi kuota 8.500 bidang sertifikat tanah di tahun 2017 maka, pihaknya akan turun lansung ke Kecamatan dan Desa, sebagai wujud tanggungjawab dalam dalam merealisasikan kuota tersebut.

    Saat ini, lanjutnya, baru 500 sertifikat tanah yang telah direalisaikan sehingga masih tersisa 8.000 sertifikat tanah.

    Olehnya itu, dirinya beserta staf akan turun lansung ke Kecamatan Pulau Gorom, Kecamatan Gorom Timur, dan Kecamatan Pulau Panjang untuk menjalankan Program  PTSL tersebut.

    "SBT, kami diberi 8.500. Namun 500 telah rampung sehingga masih tersisa 8.000. Olehnya itu dalam minggu ini saya pastikan akan turun langsung ke lapangan bersama tim pengukuran dan tim poldadis," kata Karapesina.

    Karapesina menambahkan, untuk program PTSL tidak memungut biaya dari masyarakat alias gratis, sehingga ada yang menyimpang dari itu, maka segera dilaporkan untuk diketahui.

    Dimana, untuk meminimalisir serta tidak terjadi pungutan, maka dalam melaksanakan program tersebut, pihaknya selalu berkoordinasi dengan pihak Polsek yang ada di Kecamatan untuk turun bersamaan sehingga terhindar dari hal-hal tersebut.

    "Tidak ada pungutan biaya, ini gratis. Masyarakat hanya dibebankan biaya materai. Kalau ada yang menyimpang dari itu segera dilaporkan. Selain itu, kami akan turun bersama pihak Polsek saat menjalankan program ini," ucap Karapesina dengan tegas.

    Ketika ditanya terkait dengan kesadaran masyarakat dalam membuat sertifikat tanah, Karapesina mengatakan, tingkat kesadaran masyarakat dan pembuatan sertifikat tanah sangat tinggi sehingga sampai saat ini kurang lebih 20.000 sertifikat tanah telah dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional Kabupaten SBT.

    “Kurang lebih 20,000 sertifikat sudah terealisi sehingga ini bertanda bahwa ada kesadaran dari masyarakat dalam pembuatan sertifikat tanah," katanya.

    Dalam pembuatan sertifikat tanah ini, masyarakat segera melaporkan nama ke kepala desa setempat sehingga mudah karena Badan Pertanahan Nasional Kabupaten SBT telah melayangkan surat resmi ke Camat dan para Kepala Desa.

    Selain itu, pembuatan sertifikat tanah ini sangat penting karena ada kepastian luas tanah, letak tanah, dan kepastian pemilik tanah. (KT-FS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Badan Pertanahan SBT Siap Terjun Ke Desa Untuk Program PTSL Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top