• Headline News


    Thursday, August 31, 2017

    Wakil Bupati SBB Serahkan Hewan Kurban Idul Adha

    Piru, Kompastimur.com
    Wakil Bupati Seram Bagian Barat (SBB) Timotius Akerina, SE., M.Si secara simbolis serahkan hewan kurban Idul Adha yang diterima langsung oleh  La Sana Ali, Imam Masjid Jami Al Muhajirin Kota Piru, Kecamatan Seram Barat Kabupaten yang disaksikan secara langsung oleh panitia Kurban Idul Adha serta OPD yang hadir dalam acara penyerarahan hewan Kurban Idul Adha, Selasa (29/8).

    Akerina dalam sambutan mengatakan, penyembelihan  hewan kurban saat Idul Adha pada hakekatnya adalah untuk mengenang kembali suatu peristiwa yang terjadi pada nabi Ibrahim dan putranya yaitu Nabi Ismail sungguh satu ujianyang sangat berat karena Tuhan memerintahkan kepada nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya yang bernama Ismail  dengan tangannya sendiri.

    Ada empat makna yang dapat diambil dalam peristiwa tersebut, yakni : Pertama, bahwa umat islam diharapkan  untuk mengikuti jejak nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail  yang dengan penuh keikhlasan lahir dan bathin mampu mengorbankan sesuatu yang sangat dicintainya dan disayanginya;

    Kedua, Jadilah pemuda seperti sosok Nabi Ismail yang berani berkorban karena keteguhan iman dan baktinya kepada orang tuanya;

    Ketiga, Dianjurkan bagi umat dihari raya Idul Adha yang telah mempunyai kesanggupan untuk menyembelih hewan kurban hendaknya dilaksanakan tanpa ragu-ragu;

    Keempat, Penyembelihan hewan kurban disamping menunaikan suatu perintah dalam syarat agama Islam juga memberikan pesan moral yang baik kepada golongan kaum fakir miskin.

    Akerina menambahkan kepada segenap umat Islam di Bumi Saka Mese Nusa untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Sang Pencipta Alam dan menjaga hubungan yang harmonis dengan sesama manusia serta melestarikan alam lingkungan sehingga ada harmonisasi dan keseimbangan dalam menjalani hidup ini.

    Penyerahan hewan kurban pada Idul Adha tahun ini sebanyak 16 ekor yang diberikan pada 9 kecamatan dan masjid Alfatah Ambon, diantaranya Kecamatan Kairatu 2 ekor di Dusun Kelapa Dua dan Pakarena, Kecamatan Kairatu Barat 1 ekor di Desa Waisarisa, Kecamatan Amalatu 3 ekor di Desa Hualoy, Tomalehu dan Desa Latu, Kecamatan Seram Barat 1 ekor di Desa Piru/Waimeteng Pantai, Kecamatan Huamual 3 ekor di Desa Luhu, Dusun Lia Ela, Dusun Tanah Goyang, Kecamatan Waesala 2 ekor di Desa Tahalupu dan Dusun Tiang Bendera, Kecamatan Pulau Manipa 1 ekor di Desa Kelang Asaude, Kecamatan Taniwel  satu ekor di Desa Lisabata, Kecamatan Taniwel Timur 1 ekor di Desa Sukaraja. Sedangkan di masjid Alfatah sebanyak 3 ekor.
     
    Akerina berharap hewan kurban itu nantinya dapat dimanfaatkan dan disalurkan sesuai dengan keluarga atau orang-orang yang menjadi sasaran atau yang berhak menerimanya, jangan sampai ada pembagian yang tidak kena mengena pada keluarga-keluarga sasaran itu sangatlah fata.

    Dirinya pun mengingatkan ada dua agenda besar Pemerintah Daerah Kabuapten Seram Bagian Barat (SBB) yaitu pada tanggal 18 September ada kegiatan Tour Mollucas serta bulan November ada kegiatan Pesparawi tingkat Provinsi Maluku dan Kabupaten Seram Bagian Barat sebagai tuan rumah.

    “Marilah kita menjaga stabilitas keamanan dan kebersamaan sekaligus menjadi tuan rumah dan nyonya rumah serta menjadi yang terbaik di ajang tersebut,” ajaknya.


    Penyerahan hewan Kurban Idul Adha itu turut dihadari oleh Kabag Humas SBB Jhon Teberima, Kesbang Pol Saban Patty, Dinas Infokom Pekking Calling, Kepala Badan Lingkungan Hidup Alvin Tuasun dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupten Hany Hehanusa serta panitia hewan Qurban Idul Adha. (KT-MFS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wakil Bupati SBB Serahkan Hewan Kurban Idul Adha Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top