• Headline News


    Monday, August 28, 2017

    Asrama Mahasiswa Sula di Yogyakarta Diresmikan

    Yogyakarta, Kompastimur.com
    Sejak beridirnya Forum Mahasiswa Sula Yogyakarta (Formasy) pada tahun 2010, alhamdulillah dengan perjuangan dan rasa kekeluargaan (Manatol) akhirnya Sabtu (26/8) diresmikanlah asrama Forum Mahasiswa Sula Yogyakarta di Yogyakarta.

    Peresmian asrama Formasy tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Kabupaten Sula, Hendrata Thes serta mendapat dukungan penuh dari Sri Sultan Hamengkubuwono X selaku Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yang turut menghadiri pengresmian tersebut.

    Selain mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula dan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam peresmian asrama Formasy, dukungan partisipasi tersebut juga berasal dari seluruh IKPM baik dari Maluku dan Maluku Utara serta IKPM seluruh Indonesia yang ada di Yogyakarta.

    Dalam acara peresmian asrama Formasy yang mengangkat tema ‘Menghargai Keberagaman dan Menjaga Persatuan dalam Bingkai Manatol’, juga diisi dengan acara kebudayaan diantaranya tarian Soya-Soya dari Mahasiswa Ternate, Tarian Tuadualapang dari SKPM Halsel, Tarian Dana-Dana dari IKPM Taliabu, sedangkan Formasy sendiri dengan Sanggar Manatol menampilkan Teatrikal Riwayat Hai, Tarian Ronggeng Gala dan Tarian Laur serta Gambus Manapareha, yang mendapat sambutan sangat baik dan penuh apresiasi dari seluruh mahasiswa seluruh nusantara dan pimpinan-pimpinan daerah, baik dari Kepulauan Sula dan Pemerintah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang hadir pada acara peresmian asrama Formasy.

    Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono ke-X dalam sambutannya menjelaskan bahwa pihaknya merasa bangga dan turut bergembira atas diresmikannya Rumah Transit Forum Mahasiswa Sula Yogyakarta, yang merupakan representatif dari masyarakat Sula.

    “Ini  merupakan simbol budaya kebanggaan masyarakat Kabupaten Sula di Yogyakarta. Maka dari itu mahasiswa Sula harus menjadi generasi penerus bangsa yang tangguh di bidang akademik, spiritual, sosial dan budaya,” kata Gubernur.

    Hal terpenting lainnya, lanjut Gubernur, bahwa dari Rumah Transit Formasy ini kedepan harus melahirkan tokoh-tokoh besar dimasa mendatang.

    Sementara Bupati Kepulaluan Sula Bapak Hendrata Thes, dalam sambutannya turut mengucapkan terima kasih banyak atas dukungan dari Pemerintah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dibawa kepemimpinan Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Pemerintah Kabupaten Bantul yang banyak membantu pendirian asrama Formasy.

    Selain itu, Bupati menjelaskan bahwa dengan momentum peresmian asrama Formasy, kemudian pihaknya akan berencana membangun rumah kreasi dan budaya untuk mahasiswa Sula di Yogyakarta yang tujuannya membangun Sula kedepan yang telah kita ketahui memiliki keberagaman dan budaya.

    “Saya selaku pimpinan Daerah di Kabupaten Sula begitu eksis dan semangat membangun Sula kedepan. Salah satunya sangat memberikan dukungan kepada Forum Mahasiswa Sula. Saya sampaikan kepada seluruh Mahasiswa Sula di Yogyakarta harus terus membangun kordinasi dan kerja sama yang baik seperti ini dengan Pemerintah Daerah, dan ketika berada di Yogyakarta tonjolkan sisi positif kepada warga masyarakat sekitar asrama, bahwa kita orang Sula adalah orang yang ramah, serta saya juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi mahasiswa dari daerah lain yang telah membantu kesuksesan acara ini,” tuturnya.

    Ketua Formasy Supriadi Umasangaji menjelaskan asrama Formasy ini ibaratnya seperti sepenggal tanah Sula yang dibawa ke Yogyakarta.

    “Perlu diketahui juga terkait pendirian asrama ini dimulai pada saat kami Formasy diundang oleh Bapak Ahmad Hidayat Mus Bupati Sula terdahulu, untuk menghadiri halalbihalal masyarakat Sula di Jakarta, dan pada saat itu juga mahasiswa Formasy langsung mengajukan asrama yang saat itu juga ditanda tangani oleh Bapak Bupati Sula atas nama Formasy,” ungkapnya.

    Selain itu, diakhir acara ini Hasrul Buamona sebagai Advokat, Dosen dan Tokoh Muda Maluku dan Maluku Utara di Yogyakarta, juga menjelaskan bahwa hadirnya Formasy adalah manifestasi masa depan bukan hanya Sula, namun Maluku secara keseluruhan, yang tujuannya menuju panggung nasional.

    “Selain itu kedepan asrama ini akan menjadi laboratorium akademik dan kebudayaan yang tujuannya membangun manusia Sula yang madani di masa depan,” pungkasnya. (KT-01)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Asrama Mahasiswa Sula di Yogyakarta Diresmikan Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top