• Headline News


    Monday, July 31, 2017

    Tak Bayar Utang, Kades Erersin Aru Selatan Timur Dinilai Sering Ingkar Janji

    Lagu Terbaik Tahun 2021
    Dobo, Kompastimur.com
    Kepala Desa sering meminjamkan uang (utang) atas nama desa untuk melaksanakan program mereka dengan berdalih ketika Dana Desa cair baru dilunasi.

    Hal ini sangat sering ditemukan hampir di Setiap kepala Desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Aru. pinjaman berupa bunga ini sering mereka lakukan di berbagai pengusaha di Kota Dobo dan sekitarnya.

    Ada yang pinjam uang atau barang berupa senk maupun semen dan ini sudah menjadi tradisi. Namun, dari proses pinjaman itu terkadang ada oknum kepala desa suka sering ingkar janji dan sampai-sampai dikejar-kejar oleh para rentenir atau pengusaha untuk melunasi utang atau pinjaman mereka.

    Salah satunya adalah Kepala Desa Erersin, Kecamatan Aru Selatan Utara (Tabarfane), Ny Kumalamen.
    berdasarkan keterangan dari Aci Awan. Kepala Desa Erersin sudah meminjam uang kurang lebih 1 tahun, 5 bulan dan sampai berita ini dinaikan belum juga kunjung diganti oleh Kumalamen. Bahkan pinjaman itu sudah berkisar di angka Rp. 7.000.000 lebih.

    “Saya pernah ketemu yang bersangkutan (Kades Erersin-Red) di pasar dan langsung mengingatkan Kades, jangan lupa pinjaman itu sudah lama ini. Namun juga tak di respon,” kata Aci Awan.

    Aci Awan kemudian mengutus orang yaitu Aldo pada tanggal 26 Juli 2017 untuk menemui sang Kades dan Kades pun berjanji akan melunasinya tanggal 26 Juli 2017 lalu.

    “Kata Kades kepada Aldo nanti sebentar (26 juli red) baru beta cabut uang baru beta bayar /lunasi. Namun juga belum direalisasi,” cerita Aci awan yang beralamat di Jalan Belakang Dewan Lama itu.
    Karena Kades adalah pejabat publik di tingkat paling bawah, maka Aci Awan kemudian menemui media ini untuk memberikan keterangan.

    Karena menurutnya. pinjaman itu atas nama desa. Itu bearti harus juga dilunasi karena sudah pencairan Dana Desa Tahun 2017.


    Aci Awan berharap agar Kades harus secepatnya melunasi utang-utangnya sebelum dibawa ke meja hijau, karena bukan baru dipinjamkan, tetapi sudah 1,5 tahun. Itu berati sudah sangat lama dan harus di gantidan bukan dibayar dengan janji kosong. (KT-TIM)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tak Bayar Utang, Kades Erersin Aru Selatan Timur Dinilai Sering Ingkar Janji Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top