• Headline News


    Monday, July 3, 2017

    Sekda : Pemkab Bursel Kepingin Tinggalkan Predikat Disclaimer

    Namrole, Kompastimur.com
    Opini Disclaimer yang masih disandang oleh Kabupaten Buru Selatan (Bursel) tentu masih menjadi Pekerjaan Rumah (PR) yang harusnya diselesaikan sehingga Bursel bisa keluar dari predikat tersebut dan mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

    “Dengan sangat menyesal melihat posisi kita berdasarkan hasil audit, opini kita masih belum bisa beranjak dari Disclaimer. Sesungguhnya baik secara kualitatif maupun kuantitatif sudah terjadi kemajuan berupa perubahan yang dari sebelumnya 60 kasus kemudian tahun lalu tinggal 37 temuan dan tahun ini tinggal 22 temuan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Bursel Syahroel Pawa saat memimpin apel pagi di lapangan Kantor Bupati Bursel, Senin (3/7).

    Kendati begitu, Pawa mengaku bahwa dari progress dalam menangani masalah untuk mencapai WTP sudah ada perkembangan, hanya saja ada masalah-masalah teknis yang belum mampu diselesaikan oleh beberapa SKPD.

    “Dihitung dari sisi progress penanganan masalahanya sudah cukup bagus. Tapi karena ada beberapa hal yang belum kita lakukan sesuai dengan kaidah-kaidah dan norma-norma pengelolaan dan pertanggung jawaban keuangan sehingga kita masih diberi status disclaimer,” jelas Mantan Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Bursel ini.

    Menurut Pawa, untuk aset masalahnya cuma sederhana, dimana temuan yang di dapat itu berupa ketidakcocokan dokumen dengan barang, namun di DPA dinas tersebut ada tertera anggaran yang dikeluarkan oleh Dinas untuk pembelian barang tersebut.

    “Masalahnya sederhana, yang pertama barangnya ada dokumennnya tidak ada, yang kedua barangnya tidak ada dokumennya ada dan yang terakhir barangnya tidak ada dokumenya juga tidak ada, padahal masuk dalam DPA. Jadi kalau mau lacak itu ada di DPA ada di APBD,” paparnya.

    Pria yang akrab di sapa Uli ini menghimbau kepada semua SKPD agar dapat menyelesaikan semua temuan, baik itu terkait aset maupun keuangan yang mejadi kendala Pemda untuk meraih WTP dan keluar dari predikat Disclaimer.

    “Dihimbau  kepada semua kita untuk menindaklanjuti semua hasil temuan, kalau untuk aset itu temuanya ada pada semua SKPD sedangkan untuk masalah keuangan kurang lebih ada tujuh SKPD yang bermasalah,” kata Pawa.

    Untuk itu, dalam rangka menertibkan aset, maka tanggal 10 Juli 2017 memdatang Pemda Bursel merencanakan  akan melakukan apel kendaraan dalam rangka gelar pengawasan dan penertiban aset pemerintah Bursel dan diharapakan semua SKPD dapat mensupport agenda penertiban tersebut. (KT-02)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sekda : Pemkab Bursel Kepingin Tinggalkan Predikat Disclaimer Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top