• Headline News





    Saturday, July 29, 2017

    Gempa Bumi 4,7 SR Juga Guncang Amahai


    Lagu Terbaik Tahun 2021
    Masohi, Kompastimur.com
    Tak hanya di Pulau Buru, gempa bumi juga terjadi dan turut mengguncang daerah Amahai, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Kamis (27/7) malam sekitar pukul 22.55 WIT.

    Berdasarkan hasil analisa yang direalese oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Karang Panjang, Ambon diketahui bahwa pusat gempa bumi yang terjadi tersebut berada ppada koordinat 3.90 LS dan 129.03 BT, tepatnya di Laut Banda pada jarak 38 km arah Tenggara Nusalaut-Malteng dan 56 km Tenggara Saparua-Malteng pada kedalaman 10 km.

    “Berdasarkan hasil laporan dari masyarakat intensitas guncangan gempabumi berada di kisaran I-II MMI di Amahai atau setara dengan I SIG-BMKG dimana ini berarti guncangan gempabumi dirasakan oleh beberapa orang,” kata Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Abraham F. Mustamu, S.Si, MM.

    Dijelaskan bahwa jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Seram back arc thrust yang memicuh terjadinya gempa bumi.

    Mustamu menjelaskan bahwa hingga data tersebut direalease pada pukul 23.30 WIT belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

    Namun pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar tidak panic oleh berbagai isu yang menyesatkan karena gempa bumi yang terjadi tersebut tidak berpotensi pada terjadinya Tsunami.


    “Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir dihimbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi Tsunami,” tuturnya. (KT-01)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gempa Bumi 4,7 SR Juga Guncang Amahai Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top