• Headline News


    Tuesday, June 6, 2017

    Kebutuhan Buah Pisang Masyarakat Namrole Meningkat di Bulan Ramadhan

    Namrole, Kompastimur.com
    Di bulan Ramadhan 1538 H/2017 M, kebutuhan Buah Pisang untuk menu Buka Puasa cukup meningkat karena banyak dibeli oleh masyarakat di Kota Namrole, Kabupaten Buru Selatan (Bursel). Walaupun begitu, harga tertinggi Rp. 25 Ribu/tandang.
    Dari pantauan Kompastimur.com di Pasar Kai Wait Kota Namrole, Kabupaten Bursel, dibanding dengan sebelum Bulan Puasa, pedagang buah pisang mengaku tidak terlalu ramai seperti disaat Bulan Puasa seperti ini.

    Dimana, pisang yang dijual oleh para pedagang di Pasar itu terbilang cukup laris dibeli oleh masyarakat. 
    ''Cukup banyak yang beli pisang dan setiap bulan puasa pasti banyak yang beli pisang,'' kata Dandi, salah satu pedagang di Pasar Kai Wait Namrole kepada Kompastimur.com, Senin (5/6).

    Ada berbagai jenis buah pisang yang dijualnya yakni, pisang Dewata dijual Rp. 25 ribu/tandang,  Pisang Raja Rp. 5 Ribu (mentah ukuran kecil). Sedangkan, ukuran besar dan masak Rp.20 ribu/tandang dan pisang abu-abu Rp.20 Ribu/tandang.

    Dirinya mengaku bahwa pisang yang dijualnya itu dibeli olehnya dari masyarakat di daerah pegunungan dan kemudian dijual lagi di pasar tersebut.

    ''Katong beli dari masyarakat di gunung, kemudian katong jual kembali,” ujar pedagang asal Sulawesi Tenggara (Sulteng) ini.

    Untuk kebutuhan lainnya, pantauan koran ini di pasar tersebut, cili dijual Rp. 8 ribu/cupa dari hari sebelumnya Rp. 6 ribu/cupa dan Rp. 45 ribu/Kg.

    Untuk Kebutuhan sayur kentang, pedagang menjual Rp. 25 ribu/Kg,  dan tomat Rp. 20 ribu/kg.

    Nurdin, pedagang di Pasar itu mengatakan, harga-harga tersebut masih normal dan belum ada kenaikan harga.

    Sementara itu, untuk kebutuhan wortel dijual oleh pedagang dengan harga berfariasi, ada yang Rp. 50 ribu/Kg dan ada yang Rp. 60 ribu/Kg. Sedangkan, untuk perbuahnya dijual dengan harga Rp. 5 ribu/buah dan Rp. 7 ribu/buah tergantung besar kecilnya. Sementara untuk Kol Kepala dijual Rp. 25 ribu/Kg.

    Untuk kebutuhan telur ayam ras dijual pedagang di Pasar Namrole dengan harga Rp. 33 ribu/rak dan per butirnya Rp. 2.000.

    Sementara itu, pedagang ikan di Pasar itu menjual Ikan Cakalang Ukuran besar dengan harga Rp. 35 ribu/ekor dan ukuran kecil Rp. 20 ribu per ekor. Sedangkan, untuk ayam potong dijual dengan harga antara Rp. 40 ribu hingga 50 ribu per ekornya. (KT-05)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kebutuhan Buah Pisang Masyarakat Namrole Meningkat di Bulan Ramadhan Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top