• Headline News


    Wednesday, May 31, 2017

    Tim Ditjen LPSPL Identifikasi Bangkai Paus di SBB

    Piru, Kompastimur.com
    Pihak Kementrian Kelautan dan Perikanan Ditjen LPSPL (Loka Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut) Maluku telah melakukan identifikasi dan penelitian terhadap bangkai Ikan Paus yang ditemukan terdampar di Tanjung Kepala Lubang, Desa Sole, Pulau Kelang, Kecamatan Waesala, Kabupaten Seram Bagian Barat, oleh warga, Selasa (30/5).

    Pihak LPSPL mendatangi TKP untuk melihat dari dekat bangkai ikan Paus serta melakukan pengambilan sample dari ikan Paus tersebut.

    Dari hasil olah TKP, Kementerian Perikanan dan Kelautan Ditjen LPSPL Maluku, teridentifikasi bangkai makhluk mamalia laut itu memiliki Panjang 22,80 meter, Lebar 4 meter, Panjang Sirip 3 meter, Lebar Sirip 1 meter, Pajang Ekor 6 meter dan Lebar ekor : 30 cm. Tim turut melakukan pengambilan sampel pada organ tubuh bagian sirip dan lemak bagian perut.

    Robiandi salah satu anggota tim LPSPL kepada Kompastimur.com, Selasa (30/5) mengatakan, jenis mamaila laut yang terdampar di tepi pantai Desa Sole merupakan Ikan Paus. Sementara terkait dengan jenis spesias ikan Paus tersebut pihaknya menunggu hasil  tes DNA-nya dari laboratorium Jakarta.

    Menurut Robiandi, penyebab kematian ikan Paus, diduga karena beberapa hal, yakni Luka gores terkena terumbu karang, Menelan sampah laut, Produktifitas perairan meningkat, Rekonpresi yang naik tiba tiba, juga bisa diakibatkan adanya gempa Bumi.

    Untuk mengevakuasi bangkai ikan Paus tersebut, Ditjen LPSPL Maluu sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Maluku, namun soal evakuasi bangkai Paus itu diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

    Bangkai Paus yang terdampar di tanjung Kepala Lubang, Desa Sole itu, kini menjadi tontonan warga. Warga yang penasaran mendatangi bahkan ada yang naik diatas bangkai hewan mamalia raksasa itu. (KT-MFS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tim Ditjen LPSPL Identifikasi Bangkai Paus di SBB Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top