• Headline News

    Monday, May 29, 2017

    Rusak Parah, Talud Penahan Sungai Desa Niniari Jadi Ancaman Bagi Warga


    Lagu Terbaik Tahun 2021
    Piru, Kompastimur.com
    Derasnya hujan yang mengguyur di Desa Niniari, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) telah menyebabkan talud penahan sungai Teha yang dibangun oleh pihak PNPM Mandiri di Desa tersebut mengalami rusak parah, yakni retak dan patah.

    Rusaknya talud yang baru setahun dikerjakan tersebut cukup parah dan kini telah menjadi ancaman tersendiri bagi masyarakat Desa Niniari yang tinggal di bantaran sungai itu ketika nantinya hujan deras masih mengguyur daerah itu.

    Sebab, warga setempat kuatir, jika terjadi hujan deras dan diikuti dengan pengikisan pada dasar talud, maka bukan tidak mungkin bagian talud yang telah retak akan patah dan ambruk ke dalam sungai bersamaan dengan rumah warga dekat bantaran sungai tersebut.

    Ronny L, warga desa setempat pun mengaku cemas dengan kondisi talud yang terancam ambruk ke sungai tersebut.

    “Jika terjadinya hujan deras serta kuatnya arus air yang terkikis pada dasar talud penahan Sungai Teha, maka akan membuat kami warga yang memiliki rumah dekat sungai terancam. Apalagi hujan berkepanjangan sampai satu hari berjalan,” kata Ronny.

    Guna mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, Ronny berharap adanya perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten SBB dibawa pemerintahan Bupati Moh Yasin Payapo dan Wakil Bupati Timotius Akerina untuk segera memperbaiki bangunan Talud ini sebelum adanya korban akibat keberadaan talud yang telah mengalami rusak parah tersebut.

    “Jika tidak ada perhatian dari Pemkab SBB untuk melakukan perbaikan drainasi Talud penahan Sungai Teha tersebut, maka akan menjadi ancaman bagi warga di sekitar sungai itu,” ujarnya.

    Olehnya itu, tambah Ronny, langkah cepat sudah seharunya dilakukan oleh Pemkab SBB melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten SBB untuk memperbaiki talud tersebut sebelum berbagai hal yang tak diinginkan terjadi nantinya. (KT-MFS)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Rusak Parah, Talud Penahan Sungai Desa Niniari Jadi Ancaman Bagi Warga Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top