• Headline News

    Sunday, May 28, 2017

    Puluhan Rumah Terendam Banjir di SBB


    Lagu Terbaik Tahun 2021
    Piru, Kompastimur.com
    Puluhan rumah di Desa Nuruwe, Kecamatan Kairatu Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) terendam banjir setinggi bitis orang dewasa akibat hujan lebat yang mengguyur kawasan tersebut, Minggu (28/5) pukul 16.00 WIT selama kurang lebih dua jam hingga pukul 18.00 WIT.

    Banjir tak hanya terjadi di seputaran kawasan permukiman warga, tetapi jalan menuju Perumnas Desa Nuruwe pun turut tergenangi banjir.

    Banjir ini terjadi diduga disebabkan oleh system drainase di kawasan tersebut yang buruk sehingga air hujan yang turun tidak dapat terairi dengan baik melalui drainase yang ada dan malah keluar dari saluran drainase dan malah menggenai permukiman warga sekitar.

    Akibat banjir tersebut, warga kawasan tersebut pun telah bersiaga untuk mengungsi ke daerah yang lebih aman jika debit hujan terus mengguyur kawasan itu.

    “Kami di disini sudah ada yang bersiap-siap mengungsi karena banjir semakin meninggi. Jadi, jika hujan kembali terjadi, maka kami akan mengungsi. Sebab, baru dua jam saja sudah puluhan pemukiman kami yang tergenang,” kata Sony Renyaan yang adalah salah satu warga Desa Nuruwe kepada Kompastimur.com, Minggu (28/5).

    Sony mengaku bahwa kejadian banjir seperti ini sudah sering terjadi di daerah itu lantaran saluran drainase yang buruk, sehingga pihaknya berharap agar Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) tidak menutup mata atas kondisi ini.

    “Pemerintah daerah harus membuat saluran air lebih tinggi lagi dari yang sekarang ini. Sebab, jika tidak diperbaiki, maka setiap hujan turun, kami selalu khawatir dan merasa tidak nyaman,“ ungkapnya.

    Tak hanya Sony, warga Desa Nuruwe lainnya, Evan Tukane pun mengaku bahwa selain keluarganya, beberapa tetangganya juga akan mengungsi ke tempat yang lebih aman jika hujan deras kembali mengguyur.

    “Jelasnya kami akan lebih waspada jika turun hujan. Mungkin malam ini kami akan ke tempat yang aman jika hujan belum juga reda,” tuturnya.

    Untuk diketahui, hingga berita ini dipublikasikan, hujan masih tetap mengguyur dan puluhan rumah warga di kawasan ini masih tergenang air. (KT-MFS)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Puluhan Rumah Terendam Banjir di SBB Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top