• Headline News


    Monday, May 29, 2017

    Heboh, Ikan Paus Kembali Ditemukan Terdampar di Pantai SBB

    Lagu Terbaik Tahun 2021
    Piru, Kompastimur.com
    Masyarakat di Desa Sole, Kecamatan Huamual Belakang, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dibuat heboh dengan adanya penemuan ikan Paus di pantai desa tersebut, Senin (29/5) subuh.

    Tentu penemuan ini bukan baru pertama kali, sebab belum hilang dari ingatan kita, pada awal bulan Mei 2017 lalu pun warga masyarakat Dusun Hulung, Desa Iha, Kecamatan Huamual, Kabupaten SBB juga menemukan hewan raksasa mirip cumi yang belakang disebut Paus Sperma pun terdampar di pantai Dusun tersebut.

    Paus yang ditemukan kali ini diketahui memiliki panjang kurang lebih 23 meter dengan tinggi 4 meter dan lebar perut kurang lebih 5 meter.

    Penjabat Kepala Desa Sole, Ahad Asma kepada Kompastimur.com, Senin (29/5) mengaku kronologis penemuan Ikan Puas itu bermula ketika sekitar pukul 05.00 WIT seorang warga atas nama Sahril (28) yang berprofesi sebagai pengemudi Speedboat penumpang hendak melakukan aktivitasnya, kaget karena melihat benda raksasa menyerupai kapal.

    Awalnya Sahril belum tahu pasti apa yang dilihatnya, namun saat mendekat, barulah Sahril menyadari bahwa yang dilihatnya itu adalah Paus yang terdampar di pantai karang, yang oleh masyarakat setempat disebut sebagai Pantai Kepala Lubang.

    “Penemuan terdamparnya Paus itu, terjadi Senin (29/5) sekitar pukul 05.00 WIT. Tepatnya di Pantai Kepala Lubang. Panjang ikan Paus 23 meter, tinggi 4 meter, lebar perut 5 meter. Awalnya ikan itu ditemukan oleh Sahril (28) pengemudi Speedboat,” kata Asma.

    Dijelaskannya, ketika menfdekati Paus tersebut, dirinya melihat bahwa Paus tersebut masih menyemburkan air dan masih dalam kondisi hidup.

    Dirinya pun langsung memberitahukan masyarakat sekitar dan masyarakat pun mendatangi Pantai tersebut sekitar pukul 07.30 WIT. Mereka pun berusaha untuk mendorong ikan tersebut ke tengah laut. Tetapi Paus terlalu besar dan berat sehingga upaya tersebut pun gagal dan pada pukul 08.20 WIT, Paus tersebut pun diketahui telah mati.

    Asma pun menjelaskan bahwa, setelah mendengar informasi tersebut dan memastikan kebenarannya, pihaknya selaku pemerintah Desa Sole langsung berkoordinasi dengan pihak Polres Seram Bagian Barat (SBB) terkait penemuan itu.

    Saat ini pihaknya tengah berupaya mengevakuasi ikan Paus itu ke tengah laut, agar nantinya tidak memberikan polusi udara (saat membusuk) bagi masyarakat setempat.

    “Saya sudah koordinasi dengan Kapolres. Yang jadi persoalan, bagaimana bisa tarik Paus itu, supaya bisa keluar dari pantai. Terdamparnya Paus di Dusun Hulung bisa jadi pengalaman buat kita, jangan terjadi lagi disini. Kalau tidak masyarakat sini bisa jadi korban. Saya koordinasi dengan berbagai pihak untuk mengevakuasi Paus itu,” tuturnya. (KT-MFS)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Heboh, Ikan Paus Kembali Ditemukan Terdampar di Pantai SBB Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top