• Headline News


    Wednesday, May 24, 2017

    Bupati SBB 'Yasin Payapo' Himbau Tinggalkan Perbedaan Warna dan Idola

    Piru, Kompastimur.com
    Bupati Seram Bagian Barat (SBB) periode 2017-2022, Moh Yasin Payapo mengajak semua pihak untuk bergendengan tangan membangun Kabupaten yang berjuluk Bumi Saka Mase Nusa agar lebih maju lagi kedepan sesuai harapan semua pihak.

    “Pihak eksekutif, legislatif dan element masyarakat maupun dunia usaha, mari kita bersama sama membenahi Kabupaten SBB menjadi kabupten yang lebih baik, maju, lebih sejahtera dan bermartabat,” ajak Payapo dalam sambutannya yang dibacakan diselah-selah Paripurna Istimewa Penyampaian Pidato Perdana Bupati SBB 2017-2022 di ruang Paripurna DPRD SBB yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD setempat, Hans Rutasouw .

    Menurut Payapo, dirinya dan Wakil Bupati Timotius Akerina merupakan Bupati dan Wakil Bupati bagi seluruh rakyat di Kabupaten SBB dan bukan hanya menjadi Bupati dan Wakil Bupati bagi sekelompok orang saja di Bumi Saka Mese Nusa.

    “Perbedaan idola dan warna hendaklah kita tinggalkan karena Moh Yasin Payapo dan Timotius Akerina bukan hanya Bupati dan Wakil Bupati untuk kelompok tertentu saja, tetapi menjadi Bupati dan Wakil Bupati pilihan rakyat dan milik seluruh masyarakat Kabupaten SBB. Sebab kemenangan kami adalah kemenangan semua rakyat di Kabupaten SBB,” tegasnya.

    Dirinya pun turut menyampaiakn rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bupati dan Wakil Bupati periode 2012 2016 atas dedikasi dan pengabdian bagi masyarakat di Kabupaten SBB serta apresiasi pula disampaikannya kepada Pejabat Bupati Kabupaten SBB yang telah menjalankan roda pemerintahan serta melaksanakan perhelatan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Bursel dengan aman, damai dan sukses.

    Menurutnya, dalam mewujudkan visi dan misi pemerintahan yang baru, bukan sekedar membalik telapak tangan, tetapi diperlukan semangat dan kerja keras untuk keterpaduan membangun daerah guna mencapai cita cita ideal, yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten SBB yang berbudi pekerti luhur, aman, sejahtera adil dan bermartabat.

    Dimana, lanjutnya, Misi pembangunan yang akan dirumuskan dalam mencapai visi tersebut adalah: Pertama, Meningkatkan tata kelola pemerintahan daerah yang bersih, akuntabel, ino­vatif dan berwibawah; Kedua, Meningkat­kan pembinaan budi pekerti masyarakat; Ketiga, Menjamin keamanan dan ketertiban bagi seluruh masyarakat; Keempat, Meningkat­kan kerukunan inter dan antar umat beragama; Kelima, Pengembanga­n pendidikan yang berkualitas.

    Keenam, Pengemba­ngan kesehatan masyarakat; Ketujuh, Pemberday­aan ekonomi masyarakat; Kedelapan, Mempercep­at pembangunan infrastruktur perhubungan, jalan, sarana transformasi dan kepelabuhanan; Kesembilan, Memper­kuat akses komunikasi dan sistem informasi guna mendongkrat produksi daerah; Kesepuluh, Meningkatkan produksi hasil perikanan, pertanian dan kehutanan.

    Kesebelas, Membuka keterisolasian daerah wilayah untuk pembangunan kepariwisataan; Keduabelas, Melak­ukan eksplorasi sumber daya alam yang ramah lingkungan; Ketigabelas, Memanfaat­kan lahan tidur untuk pengembangan sub sektor perkebunan, tanaman pangan, holtikultural­ dan peternakan serta Keempatbelas, Memberikan kemudahan berinvestasi di Kabupaten SBB.

    “Visi dan misi tersebut sebagai bentuk komitmen politik kami yang akan dipertanggung jawabkan kepada masyarakat diakhir masa tugas kami sebagai Bupati dan Wakil Bupati kabupaten SBB,” ujarnya.

    Sementara itu, Ketua DPRD SBB Hans Rutasouw dalam sambutannya diselah-selah paripurna istimewa itu mengharapkan agar dalam kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati yang baru, berbagai segi pembangunan di Kabupaten Bursel bisa berjalan dengan baik dan tak tertinggal dari kabupaten/kota lainnya di Maluku.

    Terlebih lagi, visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati SBB terpilih yaitu ‘Memimpin Dengan Hati Par Kasih Bae SBB’.

    Dimana, lanjutnya, Bupati dan Wakil Bupati harus segera melakukan penataan birokrasi sebagai titik pijak utama optimalisasi publik servis bagi masyarakat.
     
    Dirinya pun menaruh harap agar Bupati dan Wakil Bupati yang baru dapat melaksanakan tugas-tugas kemitraannya secara baik. Apalagi, back ground Bupati dan Wakil Bupati juga adalah sebagai legislator.

    Selain itu, pada kesempatan yang baik itu, dirinya pun berharap agar masyarakat di Bumi Saka Mese Nusa dapat bergandengan tangan membangun Kabupaten yang sama-sama dicintai ini dan bisa menghindarkan diri dari berbagai sikap kelompok yang dapat merugikan kepentingan pembangunan di kabupaten ini kedepannya.

    “Melalui paripurna istimewa dihari ini, kami berharap tidak ada lagi perbedaan antara kita, tidak ada lagi faksi politik di tengah kita, tidak ada lagi kelompok Ina Ama, kelompok Rodal, kelompok Tuntas, bahkan juga tidak ada lagi kelompok Yakin yang ada hanya Saka Mese Nusa,” katanya.

    Tak hanya itu, dalam rangka dimaksud, Rutasouw pun menghimbau kepada Bupati dan Wakil Bupati yang baru untuk dapat merangkul seluruh rakyat di Kabupaten Bursel agar bersatu dalam satu ikatan yang utuh untuk membangun kabupaten ini kedepan dan tidak terkotak-kotak dalam kelompok dan kepentingan masing-masing kelompok tertentu.

    “Saka Mese Nusa adalah simpul. Olehnya itu, pihaknya berharap kepada Bupati M Yasin Payapo dan Wakil Bupati Timotius Akerina untuk merangkul dan menyatuhkan semua pihak karena sesungguhnya jabatn Bupati dan Wakil Bupati yang sekarang disandang merupakan simbol integrasi bagi semua masyarakat di Kabupaten SBB,” pintanya.

    Sidang Paripurna Istimewa itu dihadiri oleh mantan Pejabat Bupati SBB Drs. Ujir Halid, Sekda SBB Mansyur Tuharea SH, Wakil Ketua I DPRD SBB Mustafa Raharusun S. Sos.i dan Wakil Ketua II DPRD SBB Bahtiar R. Payapo, Asisten I Paulus Pical, Asisten II R Sangadji, Assisten III Leo Kakisina.

    Selain itu, Nampak hadir juga, Ketua DPD Hanura Provinsi Maluku Ayu Hindun Hasanussi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten SBB La Fata, Ketua Panwaslu Kabupaten SBB Haris Kaliky, Ketua DPD Golkar SBB Frans M. Purimahua, SE, MM, Danramil 1502-07 Piru Kapten Inf. Ato Laturake, Kapolres SBB AKPB Agus Setiawan S.IK, para pemimpin dan anggota parpol, 24 anggota DPRD SBB, serta sejumlah pimpinan SKPD dan jajaran TNI/POLRI. (KT-MFS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bupati SBB 'Yasin Payapo' Himbau Tinggalkan Perbedaan Warna dan Idola Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top