• Headline News


    Thursday, April 27, 2017

    Responi Gizi Buruk, Puskesmas Kilga Tingkatkan Pelayan Rutin



    Bula, Kompastimur.com
    Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kilga Kecamatan Kiandarat, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) kini terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, utamanya dalam penanganan kesehatan kepada penderita gizi buruk di Desa Negeri Kian, Syaifudin Rumadaul menyusul diketahui bahwa Syaifudin mengalami gizi buruk dan berat badannya hanya 5,4 Kg.

    Ketika mengetahui bahwa Syaifudin mengalami gizi buruk, pihak Puskesmas pun meresponinya dan memberikan pelayanan maksimal kepadanya dan atas penanganan itu, kini berat badan Syaifudin pun sudah mengalami kenaikan yang cukup drastis dan kembali normal.

    Pantauaan media ini, Rabu (26/4) di rumah Syaifudin, akhirnya pihak keluarga pun mengaku peran Puskesmas setempat dalam memperhatikan serta menangani gizi buruk yang dialami oleh Syaifudin cukup baik.

    Sementara itu, Kepala Puskesmas Kilga Kecamatan Kiandarat Yani M. Yusuf saat ditemui media ini di rumahnya pada pekan lalu, mengatakan bahwa adanya penderita gizi buruk yang terdapat di Desa Kian ini bukanlah kesalahan dari pihak Puskesmas yang dipimpinnya, akan tetapi hal itu terjadi lantaran ibu dari Syaifudin belum pernah membawa anaknya ke Posyandu pada saat pihak medis mengadakan pelayanan kesehataan di setiap desa yang ada di kecamatan Kiandarat tersebut.

    “Saya selaku pimpinan dan dengan bantuan dari beberapa tenaga medis pada saat mendengar di Desa Kian ada penderita gizi buruk, langsung kami kesana untuk menanganinya dan Alhamdulillah penderita tersebut sudah mengalami perubahan yang diinginkan, sebenanrnya masalahnya ada pada ibunya karna tidak pernah membawa anaknya ke Posyandu atau pada saat kami turun untuk mengadakan pelayanan kesehatan,” kata Yani.

    Dirinya menghimbau kepada masyarakat di Kecamatan Kiandarat untuk tidak segan-segan membawa anaknya ke Posyandu atau Puskesmas dan tidak perlu takut jika ada yang terkena gizi buruk.
    Sebab, lanjutnya, jika ada temuan penderita gizi buruk yang lain, maka harus segera ditangani dengan baik.

    Selain itu, Yani mengatakan jika ada Dana Desa yang sebagiannya diberikan kepada pihak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), maka baiknya Dana Desa juga bisa digelontorkan untuk membiayai pelayanan Posyandu di setiap Desa yang ada di Kecamatan Kiandarat guna menjawab kebutuhan masyarakat.

    “Saya berharap agar supaya kalau ada program Dana Desa yang diberikan kepada PAUD yang sudah berjalan di Negara ini, baiknya juga diberikan sebagian juga kepada Posyandu untuk menunjang pelayanan kesehatan masyarakat, terutama anak-anak agar mereka tetap memiliki kondisi kesehatan yang baik,”harapnya.

    Yani bahkan mengaku bahwa maksud baik itu sudah mendapat respon yang baik dari sejumlah kepala desa seperti Kepala Desa Artafella, Anggar dan Rumoga. (KT-BAR)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Responi Gizi Buruk, Puskesmas Kilga Tingkatkan Pelayan Rutin Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top