• Headline News


    Tuesday, April 4, 2017

    Kasat Pol PP SBB Jangan Tebang Pilih



    Piru, Kompastimur.com
    Penataan birokrasi di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), utamanya di tubuh Kesatuan Polisi  Pamong Praja ( Satpol PP) Kabupaten SBB dinilai tidak sesuai dengan tupoksi yang seharusnya.

    Betapa tidak, Kepala Kesatuan (Kasat) |Pol PP Kabupaten SBB, Drs. Lutfi Hehanussa bahkan terkesan tidak tahu tupoksi para Kepala Seksi di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang dipimpinnya itu.

    Dimana, dalam tubuh Satpol PP Kabupaten Bursel itu terdiri dari dua komponen yakni Subag Tata Usaha dan Seksi Trantibum, yang sudah terisi tetapi tidak diberikan kewenengan sama sekali berdasarkan topoksinya ini.

    Bukan saja pada Seksi Trantibum yang tidak diberikan kewenangan berdasarkan topoksinya, akan tetapi, Kasatpol PP Kabupaten SBB, Lutfi Hehanussa pun terkesan sangatlah tebang pilih dalam mengakomodir para anggota Pol PP dalam pengawalan. 

    Dimana, tidak menyeluruh anggota Satpol PP mendapat kesempatan dari Hehanussa untuk melakukan tugas tersebut, tetapi Hehanussa hanya mengakomodir segelintir anggota Satpol PP saja.

    “Ada tebang pilih yang dilakukan oleh Hehanusa. Dimana, hanya segelintor orang saja yang diakomodir, sedangkan yang lainnya dianaktirikan oleh Kasatpol PP,” kata sumber di Satpol PP Kabupaten SBB yang enggan namanya dipublikasikan, Senin (03/04).

    Sumber ini pun mempertanyakan lokasi Kantor Sat Pol PP sebenarnya ada pada ruangan bawah ataukah ruangan atas dan ini atas perintah siapa? Sebab, setahu sumber, ruangan Satpol PP itu ada pada ruangan bawah dan bukan ruangan atas.

    Menurutnya, ruangan yang saat ini dipakai sebenarnya merupakan ruang operator mesin dan bukan Kantor Satpol PP yang sebenarnya

    Dirinya menjelaskan, sebelum dan sesudah terbentuknya kelembagaan walaupun belum ada pelantikan  secara devinitif untuk mengisi kekosongan - kekosongan jabatan tapi kinerja dalam Sat Pol PP lebih didominasi oleh para CPNS dan hanya difungsikan satu seksi yakni Subag Tata Usaha.

    Padahal pelantikan pada saat kelembagaan lama itu ada dua seksi tapi pada kenyataannya yang difungsikan dan mengatur kegiatan - kegiatan  hanya subag tata usaha padahal itu merupakan kewenangan seksi Trantibun tapi tidak diberikan kewenangan berdasarkan tupoksinya.

    Pertanyaannya apakah kepala seksi Trantibun tidak tahu kerja, tidak tahu tupoksi atau sengaja  tidak difungsikan, bahkan sudah ada laporan ke Kepala satuan Pol PP sampai saat ini janjinya untuk evaluasi dan tindaklnjuti belum direalisasikan.

    Padahal perencanaan  anggaran pun tidak melibatkan seksi Trantibun, semua kewenangan dan tupoksi  semuanya di ambil alihkan oleh subag tata usaha, pengawalan, penjagaan semuanya seharusnya melalui seksi Trantibun pada hal ada SK pembentukan  Provost dan Danton dan sebagainya  tapi kenyataannya CPNS lebih difungsikan.


    Oleh karena itu Kasat Pol PP Drs. Lutfy Hehanussa untuk segerah melakukan evaluasi dan memberikan kewenangan dari seksi berdasarkan tupoksi masing masing jika tidak maka Kasat Pol PP terkesan tebang pilih untuk berikan kekuasaan yang tidak berdasarkan aturan. (KT-FS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kasat Pol PP SBB Jangan Tebang Pilih Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top