• Headline News


    Tuesday, April 4, 2017

    Banjir Rendam 50 Rumah di Desa Buano Utara

    Piru, Kompastimur.com 
    Tingginya intensitas dan debet hujan sepekan terakhir telah mengakibatkan banjir yang menggenangi kurang lebih 50 unit rumah Disappointed desa Buano Utara, Kecamatan Waesala, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

    Puncak banjir tersebut terjadi pada Minggu (2/4) ketika hujan menggenangi kawasan tersebut sejak pukul 06.00 WIT hingga pukul 14.30 WIT.

    Salah satu warga Desa Buano Utara, Abdan Tuhuteru kepada Kompastimur.com menyampaikan hujan dari perbukitan tinggi mengalir ke rawa yang dekat dengan permukiaman warga merupakan penyebab tergenangnya 50 rumah warga di Desa Buano Utara itu.

    Terkait kondisi itu, lanjutnya, masyarakat Desa Buano Utara meminta kepada otoritas setempat untuk membangun saluran pembuangan dari rawa ke air laut. Sebab, kejadian banjir seperti ini bukan baru pertama kali terjadi, melainkan sudah sering terjadi, yakni pada bulan Desember 22016, Januari 2017 dan April 2017.

    Tuhuteru menjelaskan warga Desa Buano Utara di daerah blok 5 dan blok 6 yang berjumlah 360 Kepala Keluarga (KK) yang rumahnhya terendam banjir memilih untuk mengungsi ke dataran yang lebih tinggi.

    “Sebagian warga terkena gatal-gatal yang diakibatkan oleh banjir, dan sampai saat ini air belum surut dan sebagian rumah masih tergenang air. Untuk itu, Kami warga Buano Utara meminta kepada Pemerintah Kabupaten SBB dalam hal pihak Badan Penganggulan Bencana Daerah agar dapat membantu korban banjir yang ada di Desa Buano Utara. kami minta Pemerintah untuk mengatasi permasalahan yang kerap terjadi saat hujan ini,” pintanya dengan nada tegas.

    Sementara itu, dari pantauan media ini, hujan yang melanda Kabupaten SBB, ternyata tidak saja berdampak di Desa Buano Utara. Namun, Desa Piru yang merupakan pusat pemerintahan Kabupaten SBB juga mendapat imbas tingginya intensitas hujan itu.


    Salah satunya pada Kantor Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman yang ada di jalan Trans Seram, Desa Piru, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten SBB turut tergenang air. Akibatnya, sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang hendak berkantor pun harus rela melepas sepatunya masing-masing dan menyingsingkan kain celananya untuk melewati genangan air hingga mereka masuk di gedung kantor. (KT-MFT)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Banjir Rendam 50 Rumah di Desa Buano Utara Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top