• Headline News


    Monday, January 30, 2017

    David Sitanala Siap Harumkan Indonesia di Ajang FIA Formula 4 China

    Ambon, Kompastimur.com
    David Sitanala, remaja asli Maluku yang marak diperbincangkan di dunia otomotif. Setelah prestasinya mencuat di balapan Gokart, Jong Ambon (Pemuda Ambon) ini akan mengikuti ajang balapan single seater di ajang FIA Formula 4 (F4) di Cina, pada musim balap 2017. Kini David akan didukung oleh pemerintah daerah provinsi Maluku untuk mewakili Indonesia di ajang internasional.
    Awal karirnya seorang David Juliano Sitanala ini, dimulai semenjak semenjak berusia 10 tahun. Prestasi Gemilang dimulainya pada tahun 2014. Yang berhasil menjuarai kelas Junior Indonesia Rotax Max Challenge dan runner up Asia Max Challenge.

    Selain itu beberapa prestasi Ciamik, juga di peroleh David selama berkompetisi di ajang Gokart Nasional dan Asia. Mulai dari The Best Nasional Juniar Max Kart Driver IMI Award tahun 2014, dan The Best International Junior Max Kart Driver dari IMI dan FIA di tahun yang sama. 
    Tak kalah menarik, adalah sebuah penghargaan yang diberikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI tahun 2014, atas keikutserta David Sitanala sebagai perwakilan wakil Indonesia di kategori Junior Max di kejuaraan Dunia Grand Final Rotax 2014 di Valencia. Kini di tahun 2017 ini, David akan kembali melangkah untuk mengikuti ajang FIA Formula 4 di China, dengan dukungan penuh yang didapatkannya dari pemerintah daerah Maluku.  Pantang menyerah merupakan ciri khas dari seorang David Sitanala.

    Pertama kalinya, seorang putra daerah akan kembali membawa nama harum Maluku di ajang balapan F4 di Cina. Bahkan dirinya telah menggugah hari orang nomor 1 di Maluku yakni Gubernur Maluku Said Assagaff serta ketua DPRD Maluku Edwin Huwae untuk mendukungnya di ajang F4. Bahkan ketua KONI Maluku Karel Albert Ralahalu juga menyatakan sikap untuk selalu mendukung bibit-bibit muda olahragawan Maluku agar terus meningkatkan prestasi bukan hanya di Maluku, melainkan hingga arena internasional. Sehingga mendukung David Sitanala yang akan melakukan balapan perdananya di FIA Formula 4 musim balap 2017 di China.

    “David merupakan salah satu kader IMI Maluku yang telah menunjukkan prestasi mendunia. Kami senang dan bangga mengetahui bahwa David telah berprestasi dalam usianya yang masih muda. Dari IMI Maluku, kami akan selalu mendukung David untuk terus maju dan mengharumkan nama Maluku di arena internasional.” tandas, Ketua IMI Pengurus Provinsi Maluku, Sandi Wattimena, dalam jumpa Pers di Hotel Mutiara, Jumat (27/1).

    Menurutnya, Pemprov Maluku sangat bangga atas prestasi yang berhasil diraih David mulai di Gokart. Sehingga sebagai perwakilan IMI Maluku patut bangga jika ada warga Maluku yang akan mengikuti ajang F4 di Cina. Dan memang olahraga otomotif ini membutuhkan biaya yang sangat besar.

    “Kita dengan Pemprov Maluku sudah bertemu dengan Gubernur dan DPRD. Semoga momentum 2017 ini kalender yang akan David ikuti ini dapat membawa manfaat. Kita pahami, bahwa keuangan daerah terbatas.  Kami bersyukur jika bantuan ada, dan itu sangat berarti. Karena sulit menemukan seorang putra daerah yang sangat bertalenta khususnya di dunia otomotif,” terangnya.

    Manager David Sitanala dari Irawan Motorsport, Stanley Irawan menjelaskan, dengan semangat dan motivasi untuk menjadi the next formula driver from Indonesia, David direncanakan akan mengikuti 18-20 balapan di beberapa tempat di China. Menurutnya, F4 ini adalah program dari FIA yang merupakan Badan Tertinggi Otomotif Dunia, khususnya roda 4 dan roda 2. Dan dari Gokart, maka jenjang berikutnya adalah F4. Dimana sebelumnya F4, ada F3. Kini merepa telah membyuat level lebih sedidikit dibawah F3 yakni F4.

    “Jadi dari program F4 kemudian naik jenjang F3, kemudian GP2 dan kemudian level tertinggi yakni F1. Memang saya pernah beberapa kali menangani pembalap Indonesia. Singgel siter ini sama dengan Gokart, karena bangkunya satu. Jenjang Fokart ibarat sekolah dengan tingkatan TK, kemudian F4 ibarat SD, dan F3 ibarat SMP dan GP 2 ibarat SMA sementara F1 ibarat universtias. Itulah jenjang otomotif,” papar Stanley.

    Dirinya berharap, David dapat memberikan prestasi terbaik pada Februari nanti dengan program testing atau uji coba sebanyak yang dapat dilakukan. Karena program awalnya race pertama di bulan April tahun 2017 dengan total 6 putaran. Dimana dalam satu putaran ada 3 balapan. Sehingga seorang David Sitanala akan melakukan 18 race.

    “Jika David bisa masuk jenjang besar akan mendapatkan poin untuk FIA. Ini tabungan dia untuk level lebit tinggi. Karena kedepan peraturan F1 harus mengumpulkan poin untuk Formula junior. Kalau tidak salah 40 poin untuk bisa dapat super lain di Formula 1. Kita berharap David bisa mendapat poin. Kita akan berikan program terbaik dan butuh dukungan khususnya Maluku yang akan membawa nama Maluku di kanca internasional,” cetusnya.

    Stanley menambahkan, David bukan saja akan melakukan balapan, tetapi juga akan mempromosikan destinasi wisata Maluku di Cina nanti. Dimana setiap pengunjung atau penonton akan diperkenalkan tentang keindahan Maluku pada pedok yang disiapkan panitia. Sehingga itu menjadi tujuan dari seorang David Sitanala.

    “Program persiapan David menuju FIA F4 2017 di China sudah kami siapkan sejak awal tahun ini. Makanya destinatis wisata akan kita propmosikan disana. Sementara kesiapan David, tidak pernah putus asa mengikuti latihan fisik dan mental yang dilakukan oleh pelatihnya, Dennis van Rhee. Pada bulan Februari 2017, David akan melakukan testing dengan dua tim formula 4 papan atas, ART Motorsport dan Champ Motorsport. Tujuannya adalah untuk mengetahui dan memilih tim yang tepat, yang dapat memenuhi kebutuhan David untuk berprestasi dan meraih podium,” jelasnya. 

    David Sitanala kepada awak media menyampaikan, sebagai putra daerah atau dengan julukan Jong Ambon, sementara menanti bantuan dari pemerintah daerah atas dukungan pada F4 di China sebagai sponsor utama.

    “Saya senang dan merasa terhormat mendapat kepercayaan Gubernur dan Ketua DPRD Maluku. Dengan harapan, semoga anak-anak Maluku selalu bangga terhadap asalnya dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi untuk berpresetasi sesuai dngan bidangnya masing-masing. Dan Saya akan gunakan sesi meet and greet dengan fans untuk berbicara mengenai keindahan alam Maluku. Mulai dari alam, budaya, dan sejarahnya. Sehingga menjadikan Maluku sebagai salah satu destinasi wisata dan investasi China di Indonesia,” tutur David. (KT-SH)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: David Sitanala Siap Harumkan Indonesia di Ajang FIA Formula 4 China Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    Scroll to Top