• Headline News


    Thursday, December 8, 2016

    Tahun 2019, Ambon Bebas Kawasan Kumuh

    (Ilustrasi)
    Ambon, Kompastimur.com
    Pemerintah Provinsi Maluku dan Pemerintah Kota Ambon terus melakukan gebrakan dalam rangka mewujudkan target Kota Ambon bebas kawasan kumuh.

    Sebab, Kota Ambon merupakan salah satu daerah di Provinsi Maluku yang banyak mempunyai kawasan kumuh. Dimana, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota tahun 2014  terdapat 15 kawasan kumuh di Kota Ambon.

    Guna mewujudkan target pencapaian 0 persen kawasan kumuh di Kota Ambon pada Tahun 2019, Tim Leader Program KOTAKU Provinsi Maluku menggelar kegiatan Forum konsultasi publik tahap III.

    Kegiatan yang digelar di Hotel New Mulia, Belakang Soya, Rabu (7/12/2016) dihadiri para pemangku kepentingan, praktisi, akademisi, Lembaga Sosial Masyarakat (LSM), pemuka dan tokoh masyarakat serta jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

    Tim Leader Program KOTAKU Provinsi Maluku, Edi Junaedi kepada wartawan, mengatakan perlu ada gerakan aksi nyata dalam rangka mewujudkan target Ambon bebas kumuh.

    “Tahun 2019 kita targetkan Ambon bebas kawasan kumuh. Untuk mencapai hal ini diperlukan sinergi antara pihak, baik pemangku kepentingan, praktisi,  akademisi, LSM dan masyarakat. Kita sinergikan berbagai program ini agar target untuk mengurangi kawasan kumuh menjadi 0 persen dapat terwujud,” bebernya.

    Diakuinya, kegiatan forum konsultasi publik III bagi kawasan kumuh sangat penting, dimana melalui kegiatan itu dapat disusun roadmap atau skenario untuk menyelesaikan persoalan kawasan kumuh.

    “Kita sudah punya master plan penanganan  kawasan kumuh di Kota Ambon. Forum konsultasi publik III sangat penting guna mencari berbagai hal strategis untuk penyelsaian kawasan kumuh di kota manise ini,” ujar Edi.

    Guna menjawab tantangan Kota Ambon bebas kawasan kumuh, lanjut Edi, diperlukan penanganan berskala lingkungan, dimana program harus bersentuhan langsung dengan masyarakat.

    Dijelaskan, ada 3 jenis kawasan kumuh yakni kawasan kumuh berat, sedang dan  ringan. Dimana kawasan kumuh  yang  ada di Kota Ambon seluas 102,64 Hektar.

    “Kawasan kumuh di Kota Ambon masih banyak yang mencapai 102,64 Hektar dan kawasan yang merupakan daerah kumuh berat terdapat di Negeri Batumerah, Kelurahan Rijali Kecamatan Sirimau,” tuturnya.

    Edi meminta dukungan semua pihak di kota ini dalam menyelesaikan persoalan kawasan kumuh di kota manise ini. (HAM-KT)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tahun 2019, Ambon Bebas Kawasan Kumuh Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top