• Headline News


    Tuesday, December 20, 2016

    Kota Ambon Raih Penghargaan Langit Biru

    Lagu Terbaik Tahun 2021
    Ambon, Kompastimur.com
    Kota Ambon kembali menerima penghargaan tingkat nasional. Kali ini, Kota Manise ini berhasil meraih peringkat ketiga sebagai Kota yang memiliki kualitas udara bersih dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK-RI) dalam Program Langit Biru Tahun 2016.

    Program tersebut diikuti 9 Kota Metropolitan, 11 Kota Besar dan 11 Kota sedang dan kecil. Kota Ambon terpilih menjadi kota sedang dan kecil ketiga setelah Kota Jambi dan Kota Tanjungpinang.

    Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Penjabat Wali Kota Ambon Frans Papilaya yang diserahkan, Dirjen Pengendalian dan Pencemaran Udara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dasrul Chaniago, di Hotel Shangri-La Jakarta, Rabu (14/12/) lalu.

    Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, dalam public expose Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan tahun 2016, memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Ambon yang telah berhasil melakukan pengelolaan lingkungan dengan baik.

    Pengumuman hasil Expose Langit Biru terbaik 2016 merupakan hasil evaluasi kualitas udara perkotaan yang dilaksanakan di seluruh Indonesia, sebagaimana diketahui Pemerintah Kota Ambon yang dinakhodai Penjabat Walikota Frans J. Papilaya gencar melakukan program pembangunan perkotaan yang berwawasan lingkungan.

    Berbagai program pembangunan berwawasan lingkungan dengan gencar menggelar berbagai sosialisasi, diseminasi, kampanye lingkungan, roadshow kebersihan, serta peningkatan kerjasama dengan berbagai lembaga nasional dan internasional di bidang lingkungan melalui kementerian dan lembaga pemerintah pusat.

    Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Ambon Lucia Izaak mengaku, Kota Ambon memperoleh peringkat ketiga se-Indonesia sebagai kota yang memiliki kualitas udara bersih.

    "Kami merasa bangga dapat meraih kembali penghargaan tingkat nasional, setelah Kota Jambi dan Kota Tanjung Pinang dalam program Langit Biru 2016,'' katanya kemarin.

    Diakuinya, penghargaan yang diterima Kota Ambon untuk memotivasi Pemerintah dan warga Kota Ambon untuk selalu menjaga kondisi udara agar tetap segar dan bersih.

    "Harapan kita, melalui berbagai penghargaan dan prestasi yang kita raih ini dapat menjadi motivasi guna meningkatkan kepedulian warga Kota Ambon untuk menjaga dan melestarikan alam, agar tetap bersih dari polusi udara,'' tandasnya.

    Lucia mengungkapkan, penghargaan Langit Biru dilakukan berdasarkan pada tiga faktor yakni, uji emisi kendaraan bermotor yang diukur kelulusan solar, bensin dan kecepatan angka meter dan merek kendaraan, pemantauan kualitas udara jalan raya, parameter yang diukur karbon dan pemantauan kinerja lalu lintas yang diukur derajat kejenuhan. (KT-Ham)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kota Ambon Raih Penghargaan Langit Biru Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    loading...
    Scroll to Top