• Headline News


    Saturday, December 3, 2016

    Bupati SBT Sesalkan Kinerja Kadis Pertanian

    Bula, KT
    Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Abdul Mukti Keliobas terlihat bingung dengan kenerja Kepala Dinas (Kadis) Pertanian SBT, Man Salampessy.
    Hal ini diungkapkan Keliobas saat mengunjungi halaman Koramil Bula guna meninjau  bantuan Alsinta atau traktor roda 4,  bantuan bagi petani dalam mengelola sawa di Kabupaten SBT guna menunjang ketahanpangan nasional.
    Dalam kunjungan Jumat (02/12) ITU, Keliobas didampingi oleh Ketua DPRD Agil Rumakat dan Asisten I Setda Kabupaten SBT, Muksen Ohorella dan diterima langsung oleh Danramil Bula, Kapten Ismail Lestaluhu. 
    Dalam kunjungan tersebut Kadis Pertanian SBT Man Salampessy tidak hadir dan diwakili oleh salah satu stafnya sehingga Bupati pun hampir tidak mengenal seorang staf tersebut,  Bupati sempat bertanya kepada staf tersebut.  "Anda dari Dinas Pertanian Maluku ya?," tanya Bupati.
    Staf Salampessy itu pun meluruskannya bahwa dirinya merupakan staf dari Dinas Pertanian Kabupaten SBT. "Siap, saya dari Dinas Pertanian SBT”.
    Keliobas pun nampak kecewa karena ketidakhadiran Salampess. Kekecewaan itu kian memuncak ketika staf yang ditanyai itu tidak tahu tentang jumlah lahan garapan untuk lahan pertanian di Kabupaten SBT. “Tidak tahu pak,” kata staf itu kepada Keliobas usai Keliobas bertanya padanya. 
    Bupati SBT yang biasa di sapa MK,  tersebut pun keliatan kian kecewa dengan kenerja Dinas Pertanian SBT dibawa kepemimpinan Salampessy.

    “Gimana kita bisa melakukan pengembangan pertanian di daerah ini jika dinasnya aja tidak mengetahui struktur tanah yang cocok dan berapa luas lahan untuk kita bangun sektor pertanian di daerah ini," kesal Bupati.
    Orang nomor satu di Kabupaten SBT ini sangat menyayangkan kenerja Dinas Pertanian Kabupaten SBT yang tidak pernah berkoordinasi soal kenerja di lapangam serta tidak memiliki data akurat untuk pengembangan sektor emas hijau atau sektor pertanian di SBT. 
    "Gimana kita bisa mengembangkan daerah ini kalau Dinas Pertanian tidak pernah melaporkan hasil kinerja di lapangan kepada Bupati? Apalagi saya mendapat laporan dari bawa ternyata gerakan tanam jagung 50 hektar di sumber agum gagal dan tidak sesuai yang diharapkan," kesalnya. 
    Bupati berharap dengan adanya bantuan dari pemerintah pusat ini para petani SBT dapat terbantukan. Dimana dirinya berharap kedepan alat-alat pertanian yang diberikanoleh pemerintah pusat bisa digunakan secara baik dan maksimal sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. 
    Selain itu, Bupati juga berterima kasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Pertanian yang sangat memperhatikan betul pengembangan sektor pertanian di Maluku secara umum dan SBT secara khusus. 
    Menanggapi sikap Bupati yang kesal ini, salah satu warga Kabupaten SBT Nhiko Sohilauw kepada Kompas Timur menilai selama ini kinerja Kadis Pertanian SBT dianggap gagal. Apalagi, Kadis tidak memeliki terobosan pertanian yang cukup bagus dan menonjol di daerah ini. 
     
    "Ya saya melihat dengan adanya kejadian seperti ini bagi kami masyarakat awam, terkesan Kadis Pertanian tidak ingin sekali bersahaja dengan pemerintahan ini,” kata Sohilauw. 
    Sohilauw minilai pejabat seperti ini tidak layak lagi dipertahankan di dalam birokrasi karena akan mengganggu program-program pemerintah daerah di tahun-tahun mendatang.
    “Kadiss itu perpanjangan tangan dari Bupati, jika kenerja Kadis seperti ini sangat disayangkan. Jadi, patut diganti dan bukan dipertahankan lagi. Sebab, jika Kadis seperti ini dipertahankan maka pertanian SBT bukannya meningkat, tetapi malah akan melorot jauh kebelakang," paparnya. 
    Olehnya itu sebagai warga masyarakat SBT dirinya berharap Bupati SBT dapat segera melakukan reformasi birokrasi dalam tubuh birokrasi di SBT agar dapat menunjang kenerja Bupati kedepan. (KT-FS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bupati SBT Sesalkan Kinerja Kadis Pertanian Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top