• Headline News





    Saturday, December 3, 2016

    AKP Galang Dana Pembangunan Gereja di Haruku


    Lagu Terbaik Tahun 2021
    Ambon, K
    Sejumlah anak Negeri Ha­ruku-Sameth yang terga­bung dalam Anak Kam­pung Pe­duli (AKP) menggelar malam peng­galangan dana pembanguanan Gedung Gereja Ebenhaezer di Haruku yang berlangsung di Hotel Tirta Ken­cana, Kamis (1/12) malam. Penggalangan dana tersebut dilakukan karena sekitar 11 tahun pemba­ngunan dikerjakan, namun panitia pembangunan yang tak mampu menyelesaikannya.

    Kegiatan tersebut kemudian dikemas dalam acara 'malam badonci' dengan tema 'Badonci Bage Kasih', dimana pembina acara tersebut yakni Irjen Pol. Murad Ismail dan Muhammad Ongen Sangadji.

    Kegiatan ini juga mendapat respon Positif dan apresiasi dari  seluruh kalangan masyarakat, pejabat dae­rah, maupun pejabat TNI dan Polri. Hal ini terlihat dari kurang lebih 250 undangan yang  berhasil terjual.

    Badonci Bage Kasih ini meru­pakan bentuk solidaritas kerukunan umat beragama yang terjalin di Maluku dan merupakan hal yang langkah yang jarang ditemui di daerah lain.

    Ketua Panitia AKP, Joice Pupela kepada wartawan disela-sela penggalangan dana tersebut mengatakan, kegiatan pengalangan dana ini merupakan untuk ketiga kalinya. Kegiatan serupa sudah dilakukan di Jakarta sebanyak 2 kali, dan saat ini digelar di Ambon, untuk menggalang dana pembangunan  Gereja Ebenhaezer di Haruku yang belum selesai.

     Sementara itu, dalam kegiatan yang sama, anggota DPR RI Michael Wattimena yang membuka acara pengalangan dana tersebut memberikan apresiasi kepada panitia yang mengagas dan menginisiasi malam bandonci bage kasih yang diwadahi oleh AKP.

    Menurutnya, kegiatan ini merupakan kegiatan yang jarang terjadi di di daerah lain.

    “Setelah saya  menerima unda­ngan malam badonci bage kasih ini. Saya melihat ada sesuatu yang unik di dalam undangan itu. Karena tidak lazim kita temui sebuah struktur kepanitiaan dalam pembangunan gereja yang sama seperti yang kita temukan di Maluku pada umumnya. Dimana yang membuat ketertarikan untuk kami adalah dalam rangka membangun gereja, ternyata pem­bina sendiri merupakan saudara-saudara kita yang beragama Muslim seperti Pak Murad Ismail dan Pak Muhammad Ongen Sangadji. Itulah kebinekaan sejati yang ada di Ma­luku yang tidak ada di luar Maluku,” ujar Wattimena.

     Dikatakan, hal  ini harus dilestarikan dan dibudayakan, karena ini meru­pakan warisan leluhur melalui persaudaraan ikatan pela gandong.

    “Ini merupakan bentuk dari mani­vestasi terhadap apa yang sudah dile­takkan oleh para leluhur yang mana dulunya kalau ada kampung Muslim membangun masjid maka orang Kris­ten yang akan berbondong-bodong membangunnya. Begitupun sebalik­nya jika ada orang Kristen  mem­bangun gereja maka orang Muslim akan berbondong-bondong memba­ngun­nya,” kata Wattimena. (KT-SH)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: AKP Galang Dana Pembangunan Gereja di Haruku Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top