• Headline News


    Friday, November 4, 2016

    Proyek PU Pada Tiga Kecamatan Ditinjau Komisi III

    Ambon, KT    
    Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Ambon, Kamis (3/11) melakukan kunjungan lansung di tiga kecamatan dalam rangka untuk meninjau berbagai proyek dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Ambon yang sementara ini berjalan. Hal ini disampaikan Ketua Komisi III, Cristianto Laturiuw kepada Wartawan, Kamis (03/11).

    Kecamatan yang dikunjungi Komisi III DPRD Kota Ambon itu, yakni Kecamatan Teluk Ambon, Kecamatan Leitimur Selatan dan Kecamatan Baguala. Kunjungan tersebut menurutnya, merupakan bentuk pengawasan terkait seluruh pekerjaan pemerintah di akhir tahun anggaran 2016. Yakni untuk memastikan mutu serta kualitas beberapa proyek infrastruktur oleh PU Kota Ambon.

    “Beberapa pekerjaan sudah kita lakukan pengawasan serta pemeriksaan di lapangan. Ini berkaitan dengan mengakhiri seluruh pekerjaan di tahun anggaran 2016. Komisi fokuskan ke Dinas PU selaku mitra komisi yang berkaitan dengan infrastruktur,” ujarnya.

    Ia mengakui, seluruh pekerjaan yang ditemukan komisi di 7 lokasi kunjungan dari tiga kecamatan, semuanya berjalan dengan baik. Yang mana mutu serta kualitas pekerjaan cukup baik tanpa ada pekerjaan yang asal-asalan, yakni untuk pekerjaan jalan, air besih, talud dan jembatan, semua dikerjakan dengan baik oleh pihak ketiga melalui PU Kota Ambon.

    “Dari tujuh lokasi itu tadi kita ke Laha soal jalan dan air bersih, kemudian di Kate-kate dan Passo soal talud dan jembatan di beberapa lokasi. Kemudian di Wailiha Kecamatan Leitisel ada beberapa lokasi juga soal air bersih dan beberapa infrastruktur lainnya. Yang mana komisi tetap memastikan kualitas dan mutu dari pekerjaan yang dilakukan. Dan semua pekerjaan masuk kategori cukup baik,” terangnya.

    Laturiuw mengatakan, ada beberapa pekerjaan yang tidak sempat di kunjungi. Namun komisi telah melakukan koordinasi dengan dinas terkait untuk memastikan seluruh pekerjaan sesuai dengan mutu dan kualitas sehingga tidak ada pekerjaan dalam kategori abal-abal.
    “Sesuai fungsi pengawasan, komisi telah fokuskan soal pekerjaan di lapangan yang harus dipastikan penyelesaian dengan baik. Dan kita sudah koordinasi dengan dinas terkait. Dan akan dilakukan evaluasi kembali lewat rapat bersama nantinya,” paparnya.

    Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Ambon, Leonora Eka Far Far menambahkan, usai kunjungan di tiga kecamatan tersebut Komisi III berencana akan melanjutkan hal serupa pada dua kecamatan lain, yakni ke Kecamatan Sirimau dan Kecamatan Nusaniwe.
    Menurut Far Far, pengawasan terhadap berbagai proyek infrastruktur milik PU Kota Ambon lewat pihak ketiga itu dilakukan untuk memastikan bagaimana mutu dan kualitas dari pekerjaan yang dilakukan.

    “Dari hasil kunjungan tiga kecamatan tadi bahwa memang tidak ada temuan atau kendala di lapangan. Karena semua berjalan dengan baik. Makanya besok (hari ini) kita akan melanjutkan kunjungan lapangan ke kecamatan Sirimau dan Nusaniwe. Apakah pekerjaan yang dilakukan memiliki kualitas dan mutu yang baik atau tidak, tentu akan kita pastikan dalam kunjungan nanti. Dan intinya, bahwa dari hasil kunjungan akan dievaluasi bersama secara keseluruhan dengan dinas terkait,” tutur Far Far. (KT-SH)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Proyek PU Pada Tiga Kecamatan Ditinjau Komisi III Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    Scroll to Top