• Headline News


    Thursday, November 3, 2016

    Pieris Usulkan Namrole Miliki TPI

    Namrole, KT
    Menyikapi potensi perikanan di Kabupaten Buru Selatan (Bursel) yang sesungguhnya sangat berpotensi untuk dikelola, namun terhambat dengan skill atau kemampuan yang dimiliki para nelayan, maka anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia Perwakilan Maluku mengusulkan untuk Kecamatan Namrole harus memiliki Tempat Pendaratan Ikan (TPI).

    “Skill yang saya lihat belum terlalu tinggi, nelayan-nelayan punya kemampuan sangat terbatas, saya ambil contoh nelayan Galala dan Latuhalat, di tengah-tengah laut Banda bisa mencari hingga berhari-hari harusnya di sini juga bisa. Itu soal etos kerja,” kata Jhon Pieris saat menjaring aspirasi dengan Pemkab Bursel, Selasa, (1/11) di ruang rapat Bupati dan Wakil Bupati Bursel.

    Meski demikian, pihaknya percaya bahwa kedepan Pemkab akan mencari jalan keluar agar nelayan-nelayan tidak lagi menangkap ikan secara tradisional tapi dengan kapal-kapal modern. 

    “Dalam rangka itu saya usulkan untuk membuat Tempat Pendaratan Ikan (TPI), harus di bangun di Namrole. Sebab, potensi perikanan di Namrole untuk Pulau Buru itu sangat besar,” kata Jhon yang juga Guru Besar hukum Tata Negara Universitas Kristen Indonesia (UKI).

    Pieris menyebut, nelayan-nelayan dari berbagai daerah itu mencari di Bursel, dari Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara bisa mencari ikan sampai di laut Buru. 

    “Itu tidak masuk akal saya. Itu memang hak mereka juga untuk mencari ikan, sebab mereka juga warga Indonesia. Karena memang tidak ada nelayan Buru yang memiliki skill seperti itu,” ujar senator dua periode ini. (KT-YB)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pieris Usulkan Namrole Miliki TPI Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    Scroll to Top