• Headline News


    Sunday, November 20, 2016

    Menkumham Respons Buka Kantor Imigrasi Di Saumlaki

    Ambon, KT
    Menteri Hukum dan HAM RI, Yassonna H Laoly memberikan respons dan menyetujui untuk membuka Kantor Imigrasi di Saumlaki.

    Pembukaan Kantor Imigrasi di Ibukota Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) itu merupakan permintan yang disampaikan Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua.

    "Kita akan bantu untuk membuka Kantor Imigrasi di Saumlaki. Batas-batas wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Timor Leste dan Australia sangat penting dan ini menjadi perhatian," ujar Yassonna  saat acara  jamuan makan malam dengan di Kediaman Wakil Gubernur Maluku, Jumat (18/11/2016) malam.

    Ia meminta kepada Kakanwil Hukum dan HAM Provinsi Maluku untuk memperhatikan apa yang disampaikan Wagub terkait Kantor Imigrasi di Saumlaki.

    Dikatakan, Kemenkumham akan mendorong pembukaan Kantor Imigrasi di Saumlaki guna mendukung kerjasama Saumlaki dan Kota Darwin, Australia.

    Diungkapkan, kerjasama Saumlaki-Darwin perlu didukung dengan membangun fasilitas hukum untuk membantu proses kedatangan orang asing ke MTB.

    "Mudah-mudahan tidak ada kendala dan kita akan mendorong untuk memenuhi permintaan pak Wagub untuk menempatkan petugas Imigrasi di Saumlaki. Mungkin tidak di kota besar dalam bentuk satu kantor, tetapi paling tidak ada perwakilan kita tempatkan di Saumlaki untuk membantu proses kedatangan orang-orang asing yang masuk ke Indonesia," kata Yassonna.
     
    Sebelumnya, Wagub Maluku, Zeth Sahuburua meminta Menteri Hukum dan HAM untuk membuka Kantor Imigrasi di Saumlaki.

    Menurutnya, keberadaan Kantor Imigrasi di Saumlaki yang merupakan pusat Ibukota Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) itu sangat penting guna mendukung Pemkab setempat dalam menjalin kerjasama Kota Darwin, Australia.

    "Saya minta Bapak Menteri untuk membuka Kantor Imigrasi di Saumlaki. Ini penting untuk mendukung kerjasama Pemkab MTB dengan Darwin," pinta Wagub.

    Dijelaskan, pada bulan Desember 2016 mendatang akan dibuka hubungan kerjasama antara Kota Saumlaki dengan Darwin, sehingga keberadaan fasilitas fasilitas hukum seperti Kantor Imigrasi perlu ditingkatkan dalam rangka melayani wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten MTB.

    Wagub, menandaskan,  jika nantinya ada kesulitan dalam membangun kantor Imigrasi dalam waktu dekat, maka harus dicari solusi berupa mengontrak bangunan untuk dijadikan Kantor Imigrasi. (KT-HAM)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Menkumham Respons Buka Kantor Imigrasi Di Saumlaki Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    Scroll to Top