• Headline News


    Tuesday, November 22, 2016

    Lurah se-Nusaniwe Komitmen Berantas Pungli

    Ambon, K
    Komitmen Pemerintah Pusat dalam memberantas pungutan liar di dukung penuh oleh lurah-lurah se-Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon.

    Komitmen tersebut dalam memberantas pungli dalam pelayanan langsung terhadap masyarakat dilakukan Kepala Kantor KecamatanNusaniwe, Roby Talakua bersama lurah se-Kecamatan Nusaniwe dengan menandatangani kesepakatan bersama pemberantasan sapu bersih (Saber) pungli.
    Kepala Kantor Kecamatan Nusaniwe, Roby Talakua mengatakan, kesepakatan saber pungli merupakan komitmen bersama untuk melakukan pelayanan tanpa Pungli.

    "Camat dan Lurah se-Kecamatan Nusaniwe telah berkomitmen untuk melayani masyarakat tanpa pungli,'' ungkapnya kepada wartawan usai melakukan penandatangan bersama pemberantasan pungli di lingkup Kecamatan Nusaniwe, Senin (21/11).

    Diungkapkan, delapan lurah yang ada di Kecamatan Nusaniwe diantaranya, Lurah Nusaniwe, Lurah Waihaong, Lurah Silale, Lurah Urimessing, Lurah Mangga Dua, Lurah Wainitu, Lurah Kudamati dan Lurah Benteng menyepakati dan berkomitmen untuk memberantas pungli. 

    Talakua menegaskan, jika ada lurah yang melanggar kesepakatan dan komitmen yang telah ditandangani, maka mereka akan ditindak sesuai aturan yang ada.

    Diakui, pembentukan Saber Pungli yang dilakukan Kecamatan Nusaniwe merupakan langkah nyata dalam pembersihan oknum-oknum pegawai yang biasa melakukan pungli dalam melayani masyarakat.

    "Pembentukan Saber ini merupakan upaya untuk memberantas pungli. Kita harapkan kedepan tidak ada lagi namanya pungli dalam melayani masyarakat," ujarnya.

    Talakua mengaku, pihaknya akan mengambil tindakan tegas, jika ada lurah maupun staf yang melakukan pungli, dimana teguran pertama akan diberikan sebagai peringatan dan selanjutnya setelah menerima teguran, namun masih saja melakukan pungli, maka oknum lurah atau staf tersebut harus ditindak tegas, dimana pihak kecamatan akan menyurati Walikota Ambon dengan menyatakan ada oknum pegawai yang melakukan pungli, agar ditindakan tegas.

    Diungkapkan, Pemkot sementara membentuk tim Saber Pungli yang akan dilantik oleh Penjabat Wali Kota Ambon dalam rangka mendukung program Presiden Joko Widodo.

    "Kita harapkan, dengan adanya Saber Pungli ini, tidak ada namanya pungli. Kita juga minta kepada masyarakat untuk tidak segan-segan melaporkan kepada petugas jika ada oknum lurah atau pegawai kecamatan yang melakukan pungli, agar ditindak tegas,” tuturnya. (KT-HAM)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Lurah se-Nusaniwe Komitmen Berantas Pungli Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top