• Headline News


    Wednesday, November 16, 2016

    Lima Bidang Jadi Target Pengentasan Pungli

    Ambon, KT
    Lima bidang pada instansi pemerintahan baik pusat dan daerah telah ditetapkan sebagai wilayah kerja berpotensi penyelenggaraan pungutan liar. Dalam rangka tersebut, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah menetapkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 87 Tahun 2016 tentang satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar atau Saber Pungli.
     Lima bidang tersebut diantaranya, Bidang Pendidikan, Kesehatan, Catatan Sipil, Kepegawaian dan Perhubungan. 
    "Lima bidang tersebut yang dianggap paling rawan atau berpotensi menyelenggarakan praktek pungli itu," ujar Kepala Inspektorat Kota Ambon, Eda Nanlohy kepada wartawan usai menyelenggarakan rapat bersama Komisi II DPRD Kota Ambon, Rabu (16/11). 
    Nanlohy mengatakan, hingga saat ini belum ada pengaduan terkait adanya praktek pungli pada bidang tersebut, namun dirinya sering membuka komunikasi kepada semua pimpinan SKPD untuk mematuhi aturan tersebut. Kendati demikian, seiring berjalan Inspektorat diwajibkan secara rutin mengirimkan data terkait pungli ini ke Pemerintah Pusat Cq Kementerian Dalam Negeri sehingga bisa dipantau secara baik.
     "Kami setiap tanggal 5 bulan berjalan selalu melaporkan data tersebut ke kementerian dalam negeri," katanya. 
    Dia menjelaskan, khusus Kota Ambon, Satgas Saber Pungli ini belum dibentuk. Hal ini lantaran masih menunggu SK penetapan.
     Kendati pemerintah pusat menetapkan lima wilayah berpotensi penyelenggaraan pungli namun tidak menuntup kemungkinan Inspektorat Kota Ambon akan memantau langsung pada bidang Hukum. 
    "Bukan hanya lima, namun bidang lain seperti hukum juga patut diawasi sehingga pembersihan praktek tersebudilaksanakan secara menyeluruh," jelasnya.
    Sementara itu, Presiden Joko Widodo juga mengharapkan agar pembentukan satgas saber pungli ini bisa bekerja secara maksimal sehingga dapat memberantas para calo yang ingin meraup keuntungan, bahkan dirinya mengancam akan menindaktegas para pegawai yang mencoba melakukan praktek tidak terhormat itu. (KT-HT)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Lima Bidang Jadi Target Pengentasan Pungli Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    Scroll to Top