• Headline News



    Wednesday, November 9, 2016

    Komisi I Sepakati Rp.18,4 Milyar Untuk Tangani Bencana Alam


    Ambon, KT  
    Komisi I Dewan Perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon melalui rapat yang digelar bersama dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon telah menyetujui totalitas anggaran yang dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai persoalan terkait dengan masalah bencana alam di Kota Ambon. 

    Anggaran puluhan milyar yang disetujui itu bermaksud untuk menyelesaikan masalah bencana alam yang terjadi di Tahun 2013 hingga Tahun 2016. 

    Kepada wartawan, Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Zeth Pormes mengatakan, pihaknya telah menyetujui totalitas anggaran senilai Rp.18,4 milyar yang diperuntukkan khusus untuk menangani masalah bencana alam yang terjadi di Kota Ambon. 

    Dia menjelaskan, anggaran puluhan milyar yang telah disetujui itu diperuntukkan untuk menangani tiga item terkait dengan bencana, diantaranya bencana alam Tahun 2013, Tahun 2016 dan masalah kebakaran yang terjadi di Soabali beberapa waktu lalu. "Rapat yang digelar tadi menghasilkan totalitas anggaran yang diperuntukkan untuk menangani masalah bencana alam di Kota Ambon mulai 2013, 2016 dan kebakaran rumah di Soabali," kata Pormes, Selasa (8/11).

    Dia merincikan, bencana Tahun 2013 yang belum tertanggani dengan baik, dan setelah diindentifikasi masih tersisa 219 rumah yang belum tertangani, dan karena itu jika dianggarkan membutuhkan anggaran sebesar Rp. 5,4 milyar lantaran bantuan per kepala keluarga diperuntukkan senilai Rp. 25 juta. 

    "Hal ini telah disepakati dengan Pj.Walikota Ambon dan dalam waktu dekat akan direalisasi," katanya. 

    Pada posisi bencana alam pada Tahun 2016 terkhusus banjir dan tanah longsor, kata politisi Partai Golkar itu, ternyata memang belum teridentifikasi secara menyeluruh di seluruh kecamatan yang ada di Kota Ambon. Karena itu, Komisi bersepakat menganggarkan Rp. 13 milyar untuk menyelesaikan bencana alam pada Tahun 2016, termasuk didalamnya penanganan korban musibah bencana kebakaran di Soabali yang menghanguskan puluhan rumah dan mengakibatkan ratusan keluarga yang sampai dengan saat ini hidup dibawah tenda pengungsian. 

    "Yang kita inginkan disini adalah masalah tersebut bisa segera diselesaikan secara baik, sehingga memasuki Tahun 2017 seluruh masalah tersebut tidak lagi berpolemik," tandasnya. (KT-SH)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Komisi I Sepakati Rp.18,4 Milyar Untuk Tangani Bencana Alam Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    Scroll to Top