• Headline News


    Wednesday, November 23, 2016

    Kawasan Rijali - Batumerah Masuk Kategori Kumuh Berat


    Ambon, K
    Ketua Panitia Khusus (Pansus) III DPRD Kota Ambon, Leonora Far-Far mengatakan sesuai Surat Keputusan (SK) Walikota Ambon Tahun 2014 tentang pemetaan wilayah kumuh di Kota Ambon rupanya dua kawasan terbesar di Kota Ambon yakni Kawasan Batumerah dan Rijali tergolong kawasan Kumuh berat. "Dalam SK Walikota Tahun 2014 terkait dengan pemetaan wilayah kawasan kumuh di Kota Ambon rupanya kawasan Rijali dan Batumerah tergolong kawasan kumuh berat," kata Far-Far kepada Kompas Timur ini di Baileo Rakyat Belso Ambon, Selasa (22/11). 

    Ditambahkan, 13 kawasan kumuh yang tergolong kumuh sedang tersebar di dua kecamatan yakni Nusaniwe dan Sirimau. Kedua kecamatan ini merupakan wilayah yang angka penduduknya membludak sehingga tidaklah heran jika jumlah kawasan kumuh menjadi banyak di dua kecamatan tersebut. 

    13 titik diantaranya Benteng, Kudamati, Wainitu, Urimesing, Waihaong, Silale, Hunipopu, Uritetu, Ahusen, Karpan, Batumeja, Amantelu dan Pandang Kasturi. 

    Dia mengatakan, dalam pembahasan bersama tim asistensi dengan eksekutif dalam hal ini Dinas Tata Kota dan Bagian Hukum Pemkot Ambon, Pansus telah mengusulkan untuk menghapus salah satu kata dalam rancangan Perda tersebut, sehingga berdampak luas secara umum bagi kawasan di Kota Ambon.

     "Kalau kita mau ikut SK Walikota Ambon Tahun 2014, maka kita akan terfokus pada 15 titik kawasan kumuh saja di Kota Ambon, tapi salah satu kata yang telah diusulkan untuk dihapus sehingga akan berdampak luas bagi penanganan kawasan di Kota Ambon," katanya. 

    Baginya, dalam SK Walikota Ambon Tahun 2014 telah ditetapkan 15 kawasan kumuh dengan rincian 2 kumuh berat dan 13 kumuh sedang, namun seiring dengan pergantian tahun, dipastikan jumlah wilayah kumuh bertambah terutama mencakup kawasan negeri dan desa.

    "Kita sangat optimis, jika perda ini disahkan maka dipastikan akan ada banyak kucuran dana yang menopang kerja dalam rangka pengentasan kawasan kumuh di Kota Ambon," tuturnya sembari menambahkan, pada Tahun 2014 lalu pemerintah Kota Ambon telah mengalokasi 400 rumah untuk mengatasi masalah perkampungan kumuh hal yang sama pula dilakukan pada Tahun 2016 ini dengan pembiayaan APBD. (KT-HT)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kawasan Rijali - Batumerah Masuk Kategori Kumuh Berat Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top