• Headline News





    Wednesday, November 30, 2016

    FKUB SBT Gelar Silaturahmi Bersama Para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat


    Lagu Terbaik Tahun 2021
    Bula, K
    Dalam kondisi aktual dewasa ini di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), maka Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) yang di pimpin oleh Hi. AG Wokanubun menggelar kegiatan silahturahmi bersama para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

    Kegiatan yang dipusatkan di ruang Aula Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten SBT, Rabu (30/11) itu dihadiri oleh sejumla tokoh agama, antara lain Ketua Klasis GPM SBT Pendeta Lodek Lailissa, S.Th, Ketua Dewan Gereja Katholik SBT Welem Rusin, Ketua PHDI SBT Sri Susanti, Kepala Seksi Bimas Protestan Frederik Waeleruno, Kepala Seksi Bimas Hindu Herwanto S.Sos.

    Selain itu, hadir pula Wakapolres SBT Saradju Suwakul, S.Ag, Msi dan Ketua KNPI SBT Tahir Rumasera.
    Ketua FKUB Kabupaten SBT, Hi. AG.Wokanubun dalam pemaparannya mengatakan, kerukunan antar umat beragama di Kabupaten SBT telah menunjukan nilai-nilai kebersamaan dan toleransi yang sangat luar biasa sehingga kondisi seperti ini harus terus dijaga dan dibina demi kedamaian di negeri yang tercinta ini.

    “Kehidupan bertoleransi, saling menghargai dan menghormati ini harus terus dijaga dan dibina demi terwujudnya kehidupan yang aman, damai dan tentram," kata Wokanuban.

    Sementara, Wakapolres SBT Saradju Suwakil, S.Ag, Msi yang juga sebagai pembicara dalam forum silaturahmi ini secara tegas mengatakan, untuk mewujudkan kondisi keamanan dan kenyamanan di daerah ini, pihak kepolisian selalu melakukan langkah-langkah positif dengan melakukan operasi pekat untuk memberantas peredaran miras di Bumi Ita Wotu Nusa itu.

    Sebab, menurut Wakapolres, peredaran miras yang dikonsumsi selama ini telah menjadi biang masalah yang tidak diinginkan sehingga dibutuhkan kesadaran dari masyarakat di daerah ini.

    “Pihak kepolisian selalu melakukan operasi pekat, namun kunci dari pada ini semua dikembalikan kepada kesadaran masyarakat itu sendiri. Sebab, jika masyarakat sadar, maka tanpa operasi pekat pun masyarakat tidak akan menggunakan miras," kata Suwakul.

    Selain itu, orang nomor dua di Polres SBT ini menambahkan, untuk membangun daerah ini kedepan, maka semua atribut kepentingan harus dilepas dan menggunakan atribut yang namanya Kabupaten SBT, yang artinya semuanya bersatu dalam kesatuan yang utuh.

    “Membangun daerah ini ke depan, maka semua atribut kepentingan harus dilepas dan kita menggunakan satu atribut yaitu atribut yang namanya Kabupaten SBT," harap Suwakul.


    Di tempat terpisah, salah satu aktivis perempuan dari Eksekutif Kota Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) SBT Siti Juleha Kella ketika dimintai tanggapannya kepada Kompas Timur mengatakan, forum silaturahmi antar umat beragama seperti ini semestinya terus diagendakan agar ada rasa saling menghargai dan menghormati, karena perbedaan itu anugerah yang semestinya dijaga dengan baik dan terus terpupuk rasa kebersamaan.


    “Ini harus diagendakan dan pemerintah daerah harus memberikan dukungan penuh agar rasa kebersamaan dalam perbedaan ini terus terpupuk dengan baik dalam bingkai kebhinekaan," tutup Kella. (KT-FS)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: FKUB SBT Gelar Silaturahmi Bersama Para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    loading...
    Scroll to Top