• Headline News


    Tuesday, November 1, 2016

    Fasilitas Parkir Harus Dibangun di Pasar Kai Wait

    Namrole, KT
    Kepala Kantor Tata Kota Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Melkior Solissa mendorong pembangunan fasilitas parkir yang layak di Pasar Kai Wait, kilometer dua, Kota Namrole.

    Fasilitas tersebut untuk menunjang kelancaran aksebilitas jual beli pada pasar tersebut. Sebab kalau tidak, saat hari pasar, terjadi kesemrawutan dan kemacetan transportasi pada kawasan itu.

    “Pasar Kai Wait membutuhkan fasilitas parkir yang layak untuk aksesibilitas dan kelancaran proses jual beli masyarakat,” kata Solissa kepada media ini di ruang kerjanya, kemarin.

    Menurut dia, pembangunan median jalan mengakibatkan terganggunya sistem tranportasi pada kawasan tersebut, sehingga aktifitas ekonomi pada Pasar Kai Wait sangat memprihatinkan. 

    Padahal dalam sebuah penataan kota, masyarakat harus merasa puas dan nyaman beraktifitas. Agar proses perekonomian berjalan dengan baik perlu ada tindakan untuk membangun fasilitas parkir yang memadai, dengan melihat penataan ruang dan ketersediaan lahan pada Pasar Kai Wait.

    “Harus ada alokasi kawasan pembangunan parkir, untuk menata sistem dan aksesibilitas pasar secara baik yang tidak mengakibatkan kemacetan dan kesemrawutan,” terangnya. 

    Sebab kehadiran median jalan dan pot median jalan harus diimbangi pula dengan tempat parkir pasar yang baik sehingga estetika kota semakin lebih cantik.

    Terkait dengan pembangunan Parkir Pasar kai Wait, Kantor Tata Kota telah melakukan kajian akternatif untuk pembangunan dimaksud dan konsepnya telah tersedia. 

    Lanjut dia, tinggal Pemerintah Kabupaten Bursel harus melakukan pembebasan lahan untuk keperluan yang mendesak ini.

    “Konsepnya telah tersedia, tinggal pemda pelakukan pembebasan lahan agar Dinas Perindustrian dan Perdagangan bersama Dinas pekerjaan umum setempat dapat segera membangun fasilitas parkir yang memadai,” harapnya.

    Pembangunan fasilitas ini tambah Soulissa, tentunya akan menampakan wajah kota Namrole tertata dengan baik, sekaligus mengkonsolidasi ketertiban Kota menyongsong penyelenggaraan MTQ Provinsi Maluku di Kabupaten Bursel Tahun 2017 mendatang. (KT-MS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Fasilitas Parkir Harus Dibangun di Pasar Kai Wait Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    Scroll to Top