• Headline News





    Wednesday, November 30, 2016

    Fadli Imbau KPU Malteng Secepatnya Lakukan Sosialisasi Teknis Coblos


    Lagu Terbaik Tahun 2021
    Ambon, K
    Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku, Fadli Silawane menghimbau kepada para pemangku kepentingan yang berhubungan dengan proses demokrasi yang ada di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) yakni Komisi Pemilihan Umum KPU Malteng.

     Hal ini disampaikannya usai melakukan kegiatan Fasilitasi dan Koordinasi Bawaslu Maluku dalam rangka pantauan pemilihan partisipatif bersama awak media yang berlansung di ruang rapat Harian Ambon Ekspres, Selasa (29/11).

    "Berdasarkan identifikasi hasil-hasil pengawasan yang dilakukan itu agar meminimalisasi partisipasi pemilih nanti, agar pada saat pemilihan berlansung pada 15 Februari itu masyarakat berbondong-bondong untuk melaksanakan hak konstitusinya," ujar Fadli.
     Menurutnya, Arahan yang disampaikan itu, tantu berkaitan dengan bagaimana melakukan sosialisasi kepada masyarakat secara maksimal, terutama bagaimana teknisnya pemilihan Kepala Daerah, Bipati dan Wakil Bupati Malteng, sebab di Malteng saat ini hanya ada 1 pasangan calon, dimana satu pasangan calon itulah yang nanti berhadapan lansung dengan yang namanya kotak kosong.

    "Masyarakat Malteng saat ini kan sebagian brsar tidak tau bagaimana teknis pelaksanaan pencoblosan terkait dengan melawan kotak kosong tersebut, terkait dengan teknis menyampaikan hak konstitusinya seperti apa ketika berhadapan dengan surat suara yang hanya terdapat gambar satu pasangan calon, sehingga harus dilakukan sosialisasi secara maksimal oleh KPU. Karena selama ini masyarakat tidak pernah melaksanakan pemilihan dengan calon tunggal, sehingga ini merupakan pengalaman pertama pada proses demokrasi yang ada di Maluku," terangnya.

    Fadli mengatakan, ini baru pernah terjadi dalam sejarah politik di Maluku, jadi KPU harus melakukan upaya-upaya sosialisasi terkait mekanisme dan tatacara pencoblosan dengan kertas suaranya itu seperti apa nantinya, apakah surat suara yang termuat didalamnya hanya gambar satu pasangan calon atau seperti apa.

    Menyinggung soal kemungkinan partisipasi pemilih akan menurun pada Pilkada Malteng kali ini, Silawane mengatakan, saat ini kan masyarakat juga bingung dengan masalah tersebut, sehingga itu dapat berdampak pada partisipasi pemilih, sehingga jika tidak dilakukan sosialisasi sedini mungkin, pasti partisipasi pemilih kali ini akan menurun.

    "Dan karena itu, mesti dijelaskan kepada masyarakat agar masyarakat bisa memahami itu. Jangan sampai masyarakat berfikir bahwa beda dengan Pilkada sebelumnya, sehingga harus ada penjelasan tersebut melalui sosialisasi kepada masyarakat, terutama bagi masyarakat yang ada di Desa yang punya masalah dalam akses informasi, apalagi juga ada pemilih pemula yang baru pernah terdaftar sebagai peserta pemilih. Itu secepatnya dilakukan KPU agar menjaga tingkat partisipasi pemilih," tandasnya. (KT-SH).


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Fadli Imbau KPU Malteng Secepatnya Lakukan Sosialisasi Teknis Coblos Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top