• Headline News


    Tuesday, November 15, 2016

    Dana Desa Di SBT Di Targetkan Banyak Bermasalah

    SBT, K
    Dana desa di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) yang telah selesai di cairkan beberapa waktu lalu harus di kawal secara ketat oleh semua elemen masyarakat di daerah ini agar proses pembangunan di daerah pada tingkat desa ini berjalan dengan baik dan tepat sasaran demi kemajuan dan kesejahteraan rakyat.

    Beberapa RPJM dan RAB dari beberapa desa di Kabupaten Seram Bagian Timur ini setelah di teliti dengan baik dan benar maka sudah di pastikan terjadi perbedaan antara laporan pekerjaan tahap awal dengan RPJM desa yang di buat dan di masukan dari awal.
    Untuk itu ketua LSM Koalisi bersama rakyat (KIBAR) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Saleh Kafara S.Sos kepada Kompas Timur di Bula mengatakan, jika terjadi perbedaan antara kerja lapangan dengan RPJM dan RAB maka sudah di pastikan terjadi pada perbedaan laporan pekerjaan, olehnya itu pihaknya meminta instansi terkait seperti Inspektorat, Pemdes dan Keuangan agar bisa mensinkronkan antara laporan dan pekerjaan lapangan serta RPJM agar sinergi.

    "Harus di teliti agar pekerjaan,laporan dan RPJM bisa sinergi sehingga tidak terjadi hal-hal yang mengarah ke dugaan korupsi karena kami inginkan negeri ini bebas dari penyakit sosial yang namanya korupsi ini," kata Kafara.

    Selain itu pihaknya menambahka ini merupakan masalah serius yang terjadi pada tingkat desa, olehnya itu ke depan pihaknya berharap agar pemerintah daerah harus melakukan pelatihan-pelatihan pengelolaan dana desa sehingga para kepala-kepala desa di daerah ini bisa memahami benar tentang metode pengelolaan dan pelaporan sehingga pimpinan-pimpinan desa ini bisa mandiri dalam membuat laporan sendiri karena selama ini kami melihat bahwa laporan yang ada itu hampir semuanya di buat oleh orang lain bukan oleh perangkat desa.

    "Pemda ke depan harus melakukan proses pelatihan pengelolaan dan pelaporan agar para Kades bisa mandiri untuk membuat laporan dan tidak menyuruh orang lain untuk membuat laporan," harapnya.

    Selain itu aktivis anti korupsi ini mencontohkan beberapa desa di Kecamatan Bula Timur dan Tutuk Tolu tidak mempublikasikan grafik dana desa di depan umum. Semestinya grafik dana desa ini harus di publikasikan agar masyarakat setempat bisa tahu tentang pos pembagian dana desa karena ini merupakan uang rakyat. Sikap seperti ini bertentangan dengan permende No 21.

    "RAB adalah dokumen publik yang harus di ketahui oleh masyarakat dan grafik dana desa semistinya sudah harus terpampang di depan kantor desa agar masyarakat bisa tahu semuanya lah karena ini uang rakyat," kata Kafar. (KT-FS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dana Desa Di SBT Di Targetkan Banyak Bermasalah Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    Scroll to Top