• Headline News





    Wednesday, November 30, 2016

    Awal Desember Saber Pungli Kota Ambon Terbentuk


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Ambon, K
    Dipastikan pada awal bulan Desember tahun 2016 ini, Pemerintah Kota Ambon akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli).

    Hal ini disampaikan langsung oleh Penjabat Walikota Ambon, Ir, Frans J Papilaya kepada wartawan di Ambon, Selasa (29/11).

     Menurutnya, pemerintah daerah telah berkomitmen untuk memberantas segala jenis pungutan liar yang selama ini merajalela.

     "Minggu depan sudah dipastikan pemerintah kota akan membentuk Satgas Saber Pungli yang akan dikukuhkan langsung oleh saya sendiri selaku Penjabat Walikota Ambon, karena saya kira kita mempunyai tugas dan tekad yang sama untuk memberantas pungutan tersebut," kata Papilaya.

     Pengukuhan satuan tugas Saber Pungli yang diturunkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) telah melibatkan segala unsur didalamnya, termasuk pihak yudikatif di daerah ini.

     "Semua unsur yang termasuk dalam SK Menteri Dalam Negeri akan dilibatkan termasuk didalamnya TNI/Polri dan Kejaksaan di Kota Ambon," tandasnya.

     Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Maluku akhirnya mengukuhkan Satgas Saber Pungli dengan SK Gubernur No.377 Tahun 2016 tentang pengawasan pungutan liar dalam penyelenggaraan dan hasil rakor satgas pungli di Maluku.

     Gubernur juga mengungkapkan ada tujuh titik yang harus diperhatikan Satgas Saber Pungli yakni Perijinan dengan fokus penerbitan izin pertambangan, trayek, sektor perhubungan darat, sektor area hibah dan bantuan sosial, sektor kepegawaian dengan fokus mutasi pegawai, kenaikan pangkkat dan promosi jabatan.

     Disamping itu, sektor pendidikan terkait pencairan BOS, DD dengan fokus pengambilan dana desa dan bunga bank serta catatan sipil yang menjadi target dan sektor kesehatan terkait dengan pengadaan barang dan jasa dalam hal ini pengumuman pemenang tender.

     Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono mendorong agar pemerintah kota secepatnya membentuk tim pemberantasan pungli. Hal ini menjadi sangat penting sehingga perlu ada percepatan guna mengatasi dan mengamankan instruksi Presiden RI.

    "Visi besar negara saat ini yakni memberantas pungli di jajaran pemerintahan, hal ini kami pandang perlu dan mendorong pemerintah kota dalam hal ini Kota Ambon untuk secepatnya membentuk dan mengukuhkan tim pemberantasan pungli itu," tutupnya. (KT-HT)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Awal Desember Saber Pungli Kota Ambon Terbentuk Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top