• Headline News





    Wednesday, November 30, 2016

    60 Relawan Bencana di Ambon Ikut Pelatihan


    Lagu Terbaik Tahun 2021
    Ambon, K
    Sebanyak 60 peserta relawan bencana yang tersebar habis di Kota Ambon akhirnya mengikuti kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) cq Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Direktorat Pemberdayaan Masyarakat.

    Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut diantaranya 25 orang dari Negeri Laha, 5 Orang dari Desa Tawiri, 25 orang dari Negeri Hutumuri, dan 5 orang dari desa Rutong.

    Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat Desa, kelurahan dan negeri dalam melaksanakan upaya pengurangan resiko bencana.

    Dalam sambutan tertulis Sekretaris Kota Ambon, A.G Latuheru yang dibacakan oleh Asisten II Pemkot Ambon, Novel Masuku menjelaskan, relawan adalah seorang atau sekelompok orang yang memiliki kemampuan dan kepedulian untuk bekerja secara sukarela dan ikhlas dalam upaya penanggulangan bencana.

    Relawan, lanjutnya, akan terlibat dalam kegiatan dan membantu penyelamatan dan evakuasi, membantu penyelamatan dan evakuasi, membantu penyiapan sarana pengungsian, dapur umum, distribusi logistic dan membantu perlindungan kelompok rentan.

    Peran yang dilaksanakan oleh relawan adalah pemberdayaan masyarakat melalui penyuluhan, sosialisasi pengurangan resiko bencana, membantu membuat perencanaan bencana, peningkatan pengetahuan masyarakat lokal, khususnya yang menetap pada kawasan rawan bencana.

     Menurutnya, penanggulangan bencana merupakan bagian integral dari pembangunan nasional dalam rangka melaksanakan amanat UUD 1945, yang dalam implementasinya menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah dan pemerintah daerah bersama-sama masyarakat.

     Dikatakan, Peraturan Kepala BNPB Nomor 1 Tahun 2012 tentang Desa Tangguh Bencana adalah desa tangguh bencana adalah desa yang memiliki kemampuan mandiri untuk  beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana. Serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan.

     Pelatihan ini, diharapkan dapat menjadi kesempatan untuk memperkuat upaya pencegahan dan membangun ketahanan masyarakat dalam mengurangi dampak bencana. Tanpa ada upaya terus-menerus untuk mendiseminasikan informasi tentang ancaman dan langkah  untuk mengurangi resiko yang dapat ditimbulkannya.

    Upaya pelatihan yang dilakukan oleh pemerintah di bidang kebencanaan adalah merupakan salah satu upaya dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat, yang dilaksanakan secara terpadu dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan secara aktif. (KT-HT)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 60 Relawan Bencana di Ambon Ikut Pelatihan Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top